Naga Terpanjang Meriahkan Cap Go Meh di Pontianak

Naga terpanjang akan turun meriahkan Cap Go Meh di Pontianak pada Minggu (5/2) mendatang. Naga dengan ukuran panjang 68 meter ini dibuat oleh Yayasan Budi Pekerti Pontianak. Foto: alex
Naga terpanjang akan turun meriahkan Cap Go Meh di Pontianak pada Minggu (5/2) mendatang. Naga dengan ukuran panjang 68 meter ini dibuat oleh Yayasan Budi Pekerti Pontianak. Foto: alex

Pontianak, BerkatnewsTV. Naga terpanjang akan turun meriahkan Cap Go Meh di Pontianak pada Minggu (5/2) mendatang. Naga dengan ukuran panjang 68 meter ini dibuat oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) Budi Pekerti Pontianak.

“Setiap tahun selalu kita turunkan dengan panjang 68 meter. Panjang tersebut sama dengan tahun tahun sebelumnya, ini karena angka itu menurut kami mempunyai hoki,” ungkap Koordinator Naga Damkar Budi Pekerti Sun Heng ditemui berkatnewsTV, Rabu (1/2).

Untuk mengoperasikan naga sepanjang itu, ia sebutkan dibutuhkan orang sebanyak 150 personel. Jumlah itu termasuk para pemain musik.

“Mereka akan bermain full dari pagi sampai malam,” ucapnya.

Baca Juga:

Sun Heng yang juga Ketua Harian Pemadam Kebakaran Budi Pekerti ini menambahkan, naga berwarna kuning ini telah dibuat sejak tiga bulan lalu oleh tenaga yang telah berpengalaman dengan menelan biaya kurang lebih Rp30 juta.

Dan sebelum meliuk di jalan, naga tersebut akan menjalani ritual buka mata di salah kelenteng yang ada di Kota Pontianak.

“Iya nanti akan menjalani ritual buka mata lebih dulu di kelenteng,” ungkapnya.

Naga terpanjang ini tidak sendiri, ia akan ditemani oleh dua lampion ikan mas serta kelinci sebagai pendamping.

“Selesai mengikuti atraksi maka hari Seninnya akan dilakukan pembakaran di Sungai Raya,” pungkasnya.

Cap Go Meh tahun ini dikabarkan akan ada sebanyak 20 ekor naga yang akan diturunkan di Kota Pontianak yang berasal dari berbagai perkumpulan Tionghoa.(lex)