banner 728x250

Belajar Jurnal Melalui Permainan Truth or Dare

Guru SMK Negeri 1 Purwodadi Naik Kartika Alala, S.Pd saat memberikan pembelajaran jurnal kepada siswa dengan permainan truth or dare. Foto: ist
Guru SMK Negeri 1 Purwodadi Naik Kartika Alala, S.Pd saat memberikan pembelajaran jurnal kepada siswa dengan permainan truth or dare. Foto: ist / naik

BerkatnewsTV. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan keterampilan peserta didik untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu.

Salah satu mata pelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan adalah Akuntansi. Untuk dapat memahami mata pelajaran akuntansi secara luas maka harus dimulai dengan memahami konsep dasar yang ada pada pelajaran akuntansi.

Pokok bahasan ayat jurnal penyesuaian akuntansi merupakan pokok bahasan yang sangat penting untuk dipahami peserta didik karena pembelajaran tersebut terdapat unsur perhitungan.

Jurnal penyesuaian merupakan salah satu materi HOTS yang ada dalam silabus mata pelajaran akuntansi dasar. Pembuatan jurnal penyesuaian memerlukan kompetensi analisis transaksi keuangan. Salah satu cara untuk membantu peserta didik memahami materi tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan.

Game edukasi adalah salah satu contoh media pembelajaran menggunakan media game. Pola pembelajaran yang dilakukan dengan cara bermain dapat membuat peserta didik lebih aktif dan lebih bersemangat mengikuti pembelajaran. Karena selama ini proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi, yakni power point dan video saja.

Media pembelajaran yang kurang bervariasi membuat peserta didik menjadi bosan, kurang tertarik, kurang bersemangat mengikuti pembelajaran dan akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Peserta didik akan tertarik apabila pembelajaran akuntansi dasar khususnya jurnal penyesuaian disisipkan kegiatan permainan. Dalam pelaksanaan pembelajaran penulis menerapkan permainan truth or dare dikelas X AKL SMK Negeri 1 Purwodadi.

Permainan truth or dare merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok, menggunakan tiga macam kartu. Yaitu kartu truth, kartu dare dan kartu spesial.

Pada kartu truth berisikan pertanyaan yang membutuhkan jawaban “Benar atau Salah” pada kartu dare berisikan pertanyaan yang membutuhkan jawaban penjelasan atau penjabaran yang disertai berbagai alasan, sedangkan pada kartu special berisikan kejutan-kejutan spesial contohnya tambahan point, tambahan untuk melakukan putaran papan rolling dan tambahan waktu dalam mengerjakan soal.

Urutan permainan saat pembelajaran yaitu guru membentuk beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang. Setiap peserta didik dalam kelompok bertugas untuk memutar papan rolling.

Dalam permainan tersebut ada 1 juri yang bertugas untuk mengambil kartu, membacakan kartu, membuat keputusan benar atau salah dan menjumlah point setiap kelompok. Pemenang dalam permainan tersebut yaitu kelompok yang memiliki point tertinggi.

Pembelajaran akuntansi dengan permainan truth or dare memberikan banyak manfaat. Manfaat pertama antusias peserta didik yang tinggi, karena peserta didik bisa belajar sambil bermain. Kedua, keaktifan peserta didik meningkat karena semua peserta didik memainkan permainan. Ketiga, meningkatkan pemahaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan soal jurnal penyesuaian sehingga hasil belajar peserta didik meningkat.(*)

Nama Saya: Naik Kartika Alala, S.Pd
Guru SMK Negeri 1 Purwodadi