Description

Membuat Surat Lamaran Kerja Profesional

Cara membuat surat lamaran kerja
Cara membuat surat lamaran kerja. Ilustrasi desain grafis berkatnewsTV

BerkatnewsTV. Ketika anda ingin melamar kerja, sangat penting untuk memiliki sebuah barang sakti untuk dibawa. Bukan jimat ataupun khodam tetapi surat lamaran. Karenanya bagaimana harus tahu cara membuat surat lamaran kerja profesional.

Sebuah surat lamaran kerja bisa menambahkan gambaran lebih banyak tentang kepribadian dan kemampuan anda dengan memberikan detail lebih lanjut tentang latar belakang dan minat pada posisi yang dilamar.

Namun, masih banyak yang bingung dan galau bagaimana cara membuat surat lamaran yang baik dan benar. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan format penulisan dan contoh cara membuat surat lamaran kerja yang efektif dan menarik untuk berbagai profesi.

Surat lamaran kerja harus dibuat secara profesional. Pemilihan font dan margin harus disesuaikan secara rinci. Lebih baik menulis surat lamaran pekerjaan menjadi satu halaman. Karena jika banyak halaman, tim perekrutan akan bosan duluan bahkan malas untuk membacanya.

Ketika tim perekrutan (HRD) meninjau surat lamaran pekerjaan, mereka akan lebih cepat mendapatkan kesan pertama mereka tentang anda sebagai calon karyawan, jadi luangkan waktu untuk memformatnya secara profesional dan tetap ringkas.

Adapun struktur informasi contoh cara membuat surat lamaran kerja perlu dibuat dalam bagian-bagian berikut ini:

• Kepala surat yang menyertakan nama dan informasi kontak penerima dan pengirim.
• Salam yang ditujukan kepada orang tertentu, jika memungkinkan tulis nama jelas perekrut.
• Pendahuluan, yang harus mencakup mengapa pelamar menulis surat lamaran kerja.
• Badan surat membahas kualifikasi kamu yang relevan dengan posisi pekerjaan.
• Penutup surat yang berisi ucapan terima kasih kepada pembaca beserta informasi kontak dan detail tindak lanjut.
• Tanda tangan untuk mengakhiri surat.

Contoh surat lamaran kerja ini merupakan contoh surat lamaran kerja umum yang bisa anda terapkan:

(Nama Pelamar)
(Alamat Pelamar)
(Tanggal)
(Nama Perusahaan atau Nama Manajer Rekrutmen)
(Alamat Perusahaan)
(Nama Perusahaan atau Manajer Rekrutmen) yang terhormat,
Saya menulis untuk melamar posisi (Nama Posisi) yang diiklankan di (Media Pengiklan). Seperti yang diminta, saya melampirkan lamaran kerja yang sudah yang meliputi sertifikasi, resume, dan tiga referensi.
Posisi pekerjaan ini sangat menarik bagi saya, dan saya percaya bahwa pengalaman teknis dan pendidikan saya yang kuat menjadikan saya kandidat yang sangat kompetitif untuk posisi ini. Kekuatan utama saya yang akan mendukung kesuksesan saya dalam posisi ini meliputi:
Saya telah berhasil merancang, mengembangkan (Pengalaman Kerja).
Saya terus berusaha untuk mencapai yang terbaik.
Saya memberikan kontribusi (Pengalaman Kerja Relevan).
Dengan gelar (Latar belakang pendidikan), saya memiliki pemahaman yang komprehensif tentang (Bidang kerja). Saya juga memiliki pengalaman dalam mempelajari dan menerapkan (Kemampuan pada bidang kerja). Anda dapat membaca resume saya untuk informasi lebih lanjut dan rinci mengenai pengalaman saya.
Saya dapat dihubungi kapan saja melalui email di (Alamat email) dan ponsel (Nomor Kontak).
Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya sangat berharap dapat berbicara dengan Anda tentang peluang kerja ini.
Hormat saya,

(Tanda tangan dan nama jelas)

Itulah sedikit cara membuat surat lamaran kerja profesional. Ingat, urusan diterima atau tidak itu urusan belakangan. Yang penting sudah mencoba mengawali dengan kesan yang professional. Tetap semangat.(*)