Description

Cara Screenshot Panjang di WhatsApp Tanpa Aplikasi

Ilustrasi Desaign BerkatnewsTV
Ilustrasi Desaign BerkatnewsTV

BerkatNewsTV – Untuk melakukan screenshot panjang di WhatsApp cukup mudah tanpa ribet harus menggunakan aplikasi pihak ketiga loh. Selengkapnya pembahasan tenteng “Cara screenshot panjang di WhatsApp tanpa aplikasi”.

Biasanya tujuan dari melakukan screenshot setiap orang berbeda-beda. Ada yang memiliki tujuan untuk dokumentasi chat yang tetalh dilakukan agar tidak hilang mengenai informasi penting didalamnya.

Ada juga yang screenshot chat untuk dijadikan status WhatsApp atau story Instagram dan banyak tujuan lainnya.

Namun, pernahkah anda screenshot chat WhatsApp atau chat pada sosial media lainnya dalam jumlah banyak dikarenakan panjangnya chat melebihi satu layar dan chat terpotong  saat pengambilan jepretan?.

Nah, tentu hal ini tidak efektif dan efisien bukan? Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat melakukan screenshot panjang tanpa harus mengscreenshot berkali-kali.

Dalam melakukan screenshot panjang ini, ponsel cerdas yang mendukung fitur screenshot panjang tidak perlu mengunduh aplikasi bantuan  atau tambahan dalam proses pengambilan gambar.

Namun, untuk ponsel yang belum mendukung pengambilan jepretan panjang memang diharuskan menggunakan aplikasi tambahan atau pihak ketiga.

Berikut pembahasan cara screenshot panjang di WhatsApp tanpa aplikasi pada ponsel yang sudah mendukung fitur tangkap layar panjang.

Cara Screenshot Panjang di WhatsApp Tanpa Aplikasi

Fitur screenshot panjang tersedia pada ponsel cerdas terbaru, bagi anda yang memiliki ponsel jadul kemungkinan besar tidak memiliki fitur ini.

Cara melakukannya juga cukup berbeda antara ponsel cerdas Android dan iOS.

Screenshot Panjang WhatsApp dan lainnya pada Ponsel Android

Anda yang memiliki ponsel Android merek Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme dan merek lainnya yang telah mendukung fitur screenshot dapat melakukan cara dibawah ini.

Berikut cara yang dapat dilakukan pada ponsel Android:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp atau aplikasi sosial media lainnya yang ingin anda screenshot.
  • Jika sudah, buka ruang obrolan apa saja yang ingin anda tangkap layar seperti, obrolan dengan kerabat, pacar, teman, atasan dan obrolan dalam grup yang anda miliki.
  • Kemudian, tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume kebawah.
  • Maka akan muncul opsi pada sudut sebelah kanan atas untuk memilih simpan atau turun kebawah.
  • Anda dapat memilih opsi turun kebawah hingga dirasa chat yang anda screenshot sudah tertangkap semua.
  • Jika sudah, anda dapat klik opsi simpan untuk menyimpan hasil tangkap layar pada galeri ponsel cerdas.
  • Masuk kedalam galeri atau foto, anda akan menemukan hasil jepretan layar dengan hasil screenshot panjang.
  • Selesai.

Gimana? Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan nikmati fitur yang diberikan untuk pengalaman screenshot yang lebih baik tanpa aplikasi.

Screenshot Panjang WhatsApp dan lainnya pada Ponsel iOS

iOS juga tak ingin kalah dari smartphone Android. Bagi anda pengguna iPhone tenang saja, ponsel ini juga telah mendukung untuk tangkap layar panjang kok.

Cara melakukannya cukup gampang dan sangat singkat, berikut langkahnya.

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp atau aplikasi sosial media lainnya yang ingin anda screenshot.
  • Jika sudah, buka ruang obrolan apa saja yang ingin anda tangkap layar seperti, obrolan dengan kerabat, pacar, teman, atasan dan obrolan dalam grup yang anda miliki.
  • Lakukan screenshot seperti biasa, kemudian tap menu “Full Page” dibagian atas layar.
  • Maka, hasil screenshot panjang akan tampil pada layar.
  • Selesai.

Screenshot Panjang Menggunakan Aplikasi

Sedikit pembahasan mengenai screenshot panjang menggunakan aplikasi untuk ponsel yang tidak mendukung fitur screenshot terbaru.

Dalam proses tangkap layar menggunakan aplikasi, kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat membantu proses tangkap layar panjang yang anda inginkan.

Screenit – Screenshot App

Aplikasi screenshot yang satu ini cukup menarik dan dapat membantu anda dalam pengambilan dokumentasi obrolan yang penting dengan layar panjang.

Penggunaan aplikasi ini dapat digunakan pada Android 4.1 keatas. Fitur yang ada didalam aplikasi screenshot berupa, crop gambar, unggah foto, tombol pengambang dan lainnya.

Selain itu, anda juga dapat melakukan pengeditan hasil jepretan dan penambahan emotikon, efek warna sesuai keinginan anda.

Aplikasi ini cukup ringan sehingga sangat direkomendasikan untuk ponsel yang memiliki ruang penyimpanan yang sedikit.

AZ Screen Recorder – Video Recorder

Selanjutnya aplikasi yang sangat kami rekomendasikan adalah aplikasi AZ Screen Recorder – Video Recorder dengan bintang 4,5 dari 5.

Dilihat dari bintangnya saja sudah menunjukkan aplikasi ini sangat direkomendasikan dan sudah banyak diunduh oleh pengguna lain untuk dapat membantu melakukan penangkapan layar.

Aplikasi ini dapat membantu anda dalam melakukan penangkapan layar, merekam layar, mengedit video, memotong video, mengubah musik, mengubah video ke GIF, menambah teks dan lainnya.

Selain itu, anda juga dapat melakukan streaming layar anda pada platform media sosial.

Dalam melakukan pengeditan video, anda juga dpat mengekspor dalam bentuk Full HD dan dapat merekam layar dengan suara internal loh.

Screenshot & Longshot, Photo Markup

Aplikasi ini dapat diunduh di play store dan dapat digunakan pada ponsel Android saja. Aplikasi ini dapat anda miliki dan anda unduh pada Android versi 5.0 keatas.

Dengan menggoyangkan ponsel dan menyentuh tombol mengambang pada layar untuk dapat dapat menangkap layar.

Fitur unggulan dari aplikasi ini berupa, dapat menangkap layar dalam gulir untuk menyimpan seluruh halaman web, gambar berpiksel, menambah teks, menambah emoji dan lainnya.

Format hasil screenshot pada aplikasi ini telah mendukung format PNG.

Aplikasi screenshot & Longshot, Photo Markup sudah memiliki nilai bintang 4,6 dari 5 bintang. Dapat dikatakan aplikasi ini sudah dipercayai dan banyak digunakan oleh pengguna.

Dibandingkan kedua aplikasi diatas, aplikasi screenshot & Longshot, Photo Markup lebih banyak penggunanya dan lebih banyak diunduh.