Description

AKD DPRD Berganti, Agus: Tancap Gas Tingkatkan Kualitas

Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kubu Raya memimpin paripurna perubahan AKD di DPRD Kubu Raya
Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kubu Raya memimpin paripurna perubahan AKD di DPRD Kubu Raya. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. DPRD Kubu Raya telah melakukan pergantian atau rolling seluruh Alat Kelengkapan Dewan (AKD), mulai dari komisi, Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentuan Perda (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK).

Ketua DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah mengatakan rolling AKD memang telah menjadi kesepakatan sedari awal bahwa setelah 2,5 tahun maka AKD dilakukan penyegaran.

“Pas bulan Maret ini, masa kerja AKD sudah 2,5 tahun sehingga dilakukan lah rolling,” ucapnya, Minggu (10/4).

Rolling untuk penyegaran AKD ini telah diparipurnakan pada Rabu (6/4). Setiap fraksi telah mengajukan nama anggotanya yang duduk di setiap AKD.

“Dengan posisi AKD yang baru ini, diharapkan teman-teman dapat tancap gas meningkatkan kualitas dan kuantitas baik dalam bekerja maupun menampung aspirasi masyarakat termasuk menghadiri berbagai kegiatan kedewanan yang telah diatur dalam tatib,” harapnya.

Baca Juga:

Namun Agus menilai selama ini AKD yang lalu sudah cukup baik menjalankan tupoksinya sesuai dengan kewenangan. Kalau pun ada yang kurang anggaplah 2,5 tahun yang lalu dalam masa proses belajar penyesuaian di lembaga kedewanan khususnya bagi anggota yang masih baru.

“Akan tetapi untuk 2,5 tahun kedepan tentu lah harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara tambah politisi PDI Perjuangan ini, terkait tingkat kepuasan kembali ke masyarakat sebab kepuasan masyarakat tidak bisa diukur. Namun yang pasti mereka sudah bekerja sesuai kewenangan masing-masing.

Menyinggung fungsi Badan Kehormatan (BK) yang dinilai tidak maksimal. Agus membantahnya karena dianggap sudah bekerja dengan fungsinya.

“Kalau ada laporan masuk maka dapat ditindak lanjuti kecuali tidak ada. Selama ini DPRD tidak pernah menerima laporan yang harus ditindak lanjuti oleh BK untuk menegakkan etika dan tatib,” terangnya.

Berikut perubahan AKD yakni komisi – komisi di DPRD Kubu Raya :

Komisi I :
Ketua : Abdullah (Fraksi Golkar)
Wakil Ketua : Ahmadsyah (Fraksi Gerindra)
Sekretaris : Sahdan Nur (Fraksi PPHN)

Komisi 2 :
Ketua : Zulkarnaen (Fraksi PDIP)
Wakil Ketua : KH Hanafi (Fraksi Nasdem)
Sekretaris : Fahrul Haji (Fraksi PKS)

Komisi 3 :
Ketua : Teguh Wibowo (Fraksi Demokrat)
Wakil Ketua : Yoga Kurniawan (Fraksi PDIP)
Sekretaris : Heri Rifai (Fraksi PAN)

Komisi 4 :
Ketua : Umi Kultsum (Fraksi Gerindra)
Wakil Ketua : Ani Suryani (Fraksi Demokrat)
Sekretaris : M Amri (Fraksi PKS)

(rob)