Pelatihan Pendampingan Ortu Terhadap Sistem Pembelajaran Anak SD
Pelatihan Pendampingan Ortu Terhadap Sistem Pembelajaran Anak SD

Pontianak, BerkatnewsTV. Dosen Prodi BK IKIP PGRI Pontianak telah melaksanakan kegiatan PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang dilaksanakan oleh Novi Wahyu Hidayati, M.Psi, Novi Andriati, M.Pd, Amelia Atika, M.Pd dan Martin, M.Pd.

Kegiatan PkM merupakan salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, dimana kegiatan tersebut digunakan oleh civitas akademika IKIP PGRI Pontianak untuk menunjukkan peran aktifnya dalam pembangunan pada wilayah Kalimantan Barat.

PkM ini bertujuan untuk menggambarkan bimbingan pembelajaran orang tua terhadap anak-anak mereka pada saat adaptasi kebiasaan baru di SD Kubu Raya.

Kegiatan ini berupa penyuluhan tentang bagaimana peserta dapat mengembangkan pola asuh, terutama dalam belajar sesuai dengan perubahan zaman, sehingga tugas sebagai orang tua dapat berperan aktif dan efektif, peserta dapat meningkatkan semangat anak dalam belajar, peserta dapat menguasai IT berbasis digital dan peserta dapat membuat program kegiatan hari anak di rumah.

Baca Juga:

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SDN 13 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya dibulan April sampai November 2021 dengan peserta ialah orang tua siswa yang berjumlah 60, dari kelas I-V.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan, peserta aktif dalam mengikuti, bertanya dan berusaha membimbing anaknya dengan baik dan saat pada saat belajar di rumah.

Dari hasil asesmen akhir yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2021, terjadi perubahan orang tua dalam melaksanakan bimbingan belajar kepada anak, orang tua mampu menjadi teman yang bahagia untuk belajar.

Selain itu, orang tua juga sabar dalam mengajar dan membimbing anak belajar di rumah, karena mayoritas orang tua di sekolah mitra adalah ibu rumah tangga.

Sehingga merekalah yang membimbing, menyiapkan dan memfasilitasi anak dalam belajar, sehingga hasilnya, prestasi belajar siswa meningkat dan terbentuknya program belajar anak.

Penulis: Novi Andriati, M.Pd
Dosen Prodi Bimbingan Konseling (BK) IKIP PGRI Pontianak