Kusprihandayani (44) warga Kota Singkawang yang merasa lega mengikuti Program JKN KIS dikarenakan dapat membantu biaya pengobatannya
Kusprihandayani (44) warga Kota Singkawang yang merasa lega mengikuti Program JKN KIS dikarenakan dapat membantu biaya pengobatannya

Singkawang, BerkatnewsTV. Terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat disyukuri oleh Kusprihandayani (44) warga Kota Singkawang.

Menurutnya, kita tidak pernah tahu pasti kapan akan sakit sehingga sudah sepatutnya orang mempersiapkan biaya pengobatan.

“Jaminan perlindungan kesehatan sangat penting dimiliki untuk mengantisipasi kejadian tak terduga. Apalagi dimasa krisis kesehatan seperti ini sebagian besar dari kita pasti tidak siap dengan kemungkinan mengidap penyakit sehingga harus dirawat. Pasti akan kewalahan memikirkan biaya pengobatan yang dibutuhkan apalagi biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Untungnya, saya dan anggota keluarga sudah terlindungi jaminan kesehatan,” ujarnya.

Yani begitu sapaan akrabnya sangat bersyukur karena telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Terlebih dikala pandemi seperti saat ini.

Baca Juga:

Ia tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang menenangkan. Yani menghembuskan napas lega karena beberapa waktu yang lalu iya baru saja menyelesaikan proses administrasi rumah sakit untuk perawatan anak sulungnya.

“Anak pertama saya sewaktu kecil pernah terjatuh ketika bersepeda. Ternyata hal itu berdampak hingga ia dewasa. Ia sering merasakan sakit pada bagian kepalanya. Sampai akhirnya saya berinisiatif untuk membawanya periksa ke fasilitas kesehatan. Menurut keterangan dokter ternyata ada gangguan saraf pada kepalanya hingga harus rawat inap beberapa hari kala itu,” jelas Yani.

“Beberapa obat yang diberikan oleh dokter rutin anak saya minum. Berkat JKN-KIS sekarang kondisi anak saya sudah jauh membaik dan Alhamdulillah semua biaya tercover dan tidak ada biaya tambahan sedikitpun. Sekarang hidup Kami lebih tenang karena satu beban terangkat dari pundak kami. Sebab, tidak perlu membayar lagi seluruh biaya pengobatan,” lanjutnya.

“Harapan saya Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ini selalu dipertahankan untuk terus membantu semua masyarakat yang sedang membutuhkan,” tutupnya. (HR/ih)