Penemu Komputer dari Generasi Pertama, Kuy Baca!

penemu komputer
penemu komputer

BerkatnewsTV – Penemu-an komputer damkapnya terasa di jaman super modern ini, semakin hari semakin mudah karena adanya teknologi yang semakin hari semakin canggih. Kita ambil contoh komputer, sebuah alat yang serba bisa hingga dikatakan ajaib.

Semua keperluan, mulai dari mengerjakan tugas sekolah, kuliah, kerja, membuat surat, game, nonton film, main media sosial dll, semua bisa dilakukan di dalam komputer. Seakan-akan komputer menjadi belahan jiwa kita.

Description

Penemu Komputer Siapakah Sebenarnya?

Setelah kita selalu berkecimpung dengan alat yang canggih ini, sudahkan kita mengetahui, siapakah penemu komputer?

Kita perlu tahu, sebenranya komputer sudah dirancang ratusan tahun silam. Ada banyak sekali orang yang mempunyai pengaruh terhadap perkembangan komputer, dan masih simpang siur siapa itu penemu komputer. Jika melihat siapa yang berpengaruh, di antaranya Alan Turning, Konrad Zuse, Charles Babbage, Edward Robets, dan lainnya.

Charles Babage dibilang merupakan sosok yang paling berkonstribusi atas kehadiran komputer. Karena pada tahun 1822, ia menciptakan suatu mesin yang bisa menjalanka operasi perhitungan aritmatika. Metode tersebut, kemudian menjadi terobosan dasar perkembangan komputer yang sering kita kenal saat ini.

Dengan penemuan tersebut, sehingga Charles Babage dijuluki sebagai “Bapak Komputer”.

Kelahiran Charles Babage di daerah Southwark, London, pada tanggal 26 Desember 1791. Nampaknya menjadi hal yang baik, karena bisa melahirkan perkembangan teknologi yang kian canggih.

Pada masa sekolah, Babage sangat menyukai matematika. Karena suka, seluruh teori matematika ia pelajari di perpustakaan sekolahnya. Ia tertarik dengan matematika, ternyata membuatnya berhasil masuk ke kampus Trinity, kampus tersebut dalam naungan Universitas Cambridge sekitar tahun 1810, dan juga Peterhouse pada tahun 1812. Ia menjadi mahasiswa matematika lulusan terbaik tahun 1814.  

Namun, Babage merasa tidak puas dengan teori matematika yang dipelajari di kampusnya, karena terkesan membosankan. Pada tahun 1812, akhirnya dia membentuk suatu kelompok atau perkumpulan matematika yang dinamai dengan Anality Society, tujuannya adalah untuk membahas lebih dalam tentang matematika.

Pada usia yang masih muda, sekitar 20 tahun, ia sudah bekerja sebagai ahli matematika khususnya dalam bidang kalkulus. Kemudian di tahun 1816, dia terpilih sebagai anggota Royal Society.

Pada tahun 1820, memainkan peran penting di yayasan “Astronomi Society” (Organisasi Astronomi dan Geofisika Inggris Raya)

Pada waktu itu, ilmu matematika dianggap bisa menyelesaikan persoalan di berbagai lini, terutama pada sektor industri, misalnya navigasi, dan juga enginering.. Penyelesaian masalah menggunakan metode matematika dan tabel perhitungan masih dianggap memakan waktu dan uang yang sedikit lantaran akan banyak kalkulasi yang mungkin dilakukan.

Kemudian, sekitar tahun 1819, keahliannya yang bertambah hebat, membuat dirinya merangkai suatu alat. Alat tersebut telah berhasil menyelesaikan masalah, alat itu berupa mesin. Lanjut tiga tahun berikutnya, ia juga berhasil membuat alat yang dinamai dengan Difference Engine.

Perkembangan Mesin Komputer

Perkembangan mesin komputer di era itu, mengalami perkembangan pesat, di mana pada tahun 1823, Inggris pun menjadi tertarik dengan kerja mesin. Hingga Inggris pun rela mengeluarkan dana lumayan besar, dengan nominal 1.700 Poundsterling, cara tersebut lebih menguntungkan karena mereka bisa mengembangkan secara bebas.

Pada waktu berikutnya, berjalan selama 10 tahun, mesin ini yang dinamai dengan Difference Engine 1 dikembangkan dan dirancang lebih mumpuni. Meraka pun berani menggelontorkan dana sebesar 17.000 Pounsterling, tapi sayangnya alatnya belum bisa bekerja secara maksimal. Satu tahun kemudian, proyek Difference Engine 1 tidak dibiayai oleh pemerintah karena kekeuranga dana.

Pada tahun 1932, Babbage mendapat ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan berbagai jenis operasi Aritmatika. Mesin ini dinamakan Analytical Engine, yang dimaksud sebagai mesin pemanipulasi simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern.  

Benda mesin jenis ini, menggunakan Punched Card, di mana mesin tersebut terdapat unit memori dan bisa memasukkan angka serta berbagai elemen dasar yang membangun komputer lainnya.

Lanjut di tahun 1846, dia berhasil membperbaharui bentuk atau desain Difference Engine 1 yang kemudian berubah nama menjadi Difference Engine 2. Mesin itu lebih meksimal, karena bisa menjadi komputer mechanical pertama di dunia.

Sayangnya, Analytical Engine dan Difference Engine 2 tidak terwujud dalam sebuah produk nyata karena Babbage telah meninggal pada 18 Oktober 1871.

Hingga pada tahun 1890, seorang penemu bernama Herman  Hollerith merancang sebuah sistem kartu yang menghitung hasil sensus AS yang dilakukan pada tahun 1880. Berkat novasinya tersenut, Hollerith berhasil menghemat anggaran pemerintah sebanyak 5 juta dollar AS. Akhirnya, Hollertith terus mengembagkan potensinya di ranah teknologi dan sulses mendirikan perusahaan IBM.

Baca Juga Smartphone Gaming Black Shark 2 Pro

Komputer generasi pertama

Perangkat komputer pertama digunakan pada tahun 1940-1959 dan dikembangkan untuk desain pesawat dan peluru kendali. Seorang yang bernama Konzard Zuse, ia adalah insinyur yang berasal dari Jerman, menggagas komputer generasi pertama dengan tabung hampa udara sirkuit dan drum magnetik untuk penggunaan memori.

Komputer generasi pertama ini sangat mahal dan besar. ENIAC komputer elektronik yang pertama di dunia mempunyai bobot 30 ton, panjang 30 M serta tinggi 2,4 M. Karena ukuran fisiknya besar sehingga membtuhkan daya listrik yang besar.

Pada komputer generasi pertama ini menggunakan konsep storage program yakni sebagian dari tempat penyimpanan internal untuk menyimpan program rutin dan sub-rutin.

Contohnya ?

Untuk contohnya, komputer yang menjadi generasi pertama adalah IBM 701 keluaran tahun 1953, dan menjadi komputer komersial dengan ukuran besar. Ada juga IBM 705 buatan tahun 1959.

Komputer pertama meskipun jika dibandingkan dengan komputer masa kini, sangat jauh. Namun dari komputer pertama inilah, komputer bisa berkembang menjadi teknologi yang canggih seperti sekarang ini.

Penemu Komputer dan Hasil Komputer Pertama di dunia

Pada tahun 1976 perusahaan bernama MITS dipimpin oleh Henry Edwards Roberts merancang komputer pertama di dunia dengan nama Altair 8800, untuk memiliki performa yang kuat dengan sistem yang dapat dikembangkan. Perangkat ini memungkinkan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi.

Sebelumnya, pada tahun 1974 prototype pertama telah dirancang oleh Robert, dia ingin membuat komputer berbasis Intel 8080. Namun, pada saat iru telah banyak komputer berbasis Intel 8008, tetapi tidak cukup untuk menjalankan program tingkat tinggi seperti BASIC.

Perangkat pada Komputer Altair 8800 dilengkapi dengan mokroprosesor Intel 8080 dan memori 256 byte. Ditambah dengan bahasa pemrograman untuk Altair adalah BASIC yang dibuat oleh dua sahabat Robert yaitu Bil Gates dan Paul Allen. Pada tahun 1975 Altair tersedia di pasaran hingga mencapai 400 USD.

Pada waktu itu, The Altair ikut berperan menghimbau pada setiap individu sekaligus bisnis untuk membeli yang versi rakitan. Kabarnya, The Altair waktu itu diakui secara luas yang memicu revolusi komputer mikro.

Bus komputer yang dirancang untuk Altair menjadi standar de facto dalam bentk bus S-100, dan bahasa pemrograman pertama mesin itu pendiri Microsoft, Altair Basic.

Setelah rilisan pertama, MITS menerima 1000 pesanan untuk Altair 8800. Kemudian semakin lama pesanan bertambah hingga mencapai 5000 produk Altair 8800, dan karyawan ditambah yang sebelumnya 20 karyawan menjadi 90 karyawan.

Pertama kali dijalankan, Altair 8800 memunculkan pesan Altair Basic, tapi sayang terjadi crash. Setelah itu Allan mendapat tawaran sebagai director of software, sedangkan Bill Gates bekerja paruh waktu di MITS setelah selesai kuliah. Kedua sahabat tersebut kemdian berhenti dari MITS dan mendirikan perusahaan sendiri bernama Microsoft.

Itu dia, beberapa informasi terkait perkembangan dan proses terciptanya komputer sejak awal lahir. Semoga bisa menambah wawasan Anda ya.

Description