Petugas Dinas Perhubungan Sanggau mendata riwayat perjalanan penumpang untuk memutuskan mata rantai penyebaran corona. Foto: Pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Dinas Perhubungan Sanggau melakukan pendataan penumpang di seluruh moda transportasi, baik di terminal maupun dermaga.

Pendataan yang dilakukan untuk mengetahui riwayat perjalanan penumpang.

“Jadi, kami lakukan pendataan lengkap kepada penumpang baik di terminal maupun dermaga. Pendataan tersebut diantaranya data diri penumpang, tujuan, mengunjungi siapa, dan berapa lama perjalanan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sanggau, Anselmus, Kamis (26/3).

Dengan data tersebut, dikatakan Anselmus, akan mempermudah petugas kesehatan menentukan jejak perjalanan seseorang jika seseorang tersebut masuk dalam kategori ODP, ODP ataupun jika terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kadang juga kan ada seseorang yang ketika diwawancari petugas kesehatan tidak jujur, sehingga data yang kami miliki bisa kami sandingkan dan kami bisa menunjukan bukti perjalanannya sehingga bisa membantu petugas di lapangan untuk mengambil tindakan yang tepat selanjutnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sanggau, Yulianto menyambut baik kesigapan Dinas Perhubungan melakukan pendataan penumpang. Ini untuk mengurangi angka penyebaran virus Korona di Sanggau.

“Karena dari data itulah petugas bisa menentukan langkah apa yang tepat untuk mencegah virus ini menyebar. Saya rasa, sudah sangat baik,” ujar Yulianto.

Politisi Hanura Sanggau itu menyarankan, kalau bisa pendataan bukan hanya dilakukan pada moda transportasi darat dan laut saja tetapi juga moda transportasi udara seperti pesawat.

“Dan juga taxi atau mobil rental, karena banyak taxi atau mobil rental yang bawa penumpang dari bandara, kadang ini luput dari pengawasan kita,” pungkasnya.

Yulianto mengimbau warga Sanggau yang baru pulang dari luar kota yang diduga terkontaminasi Covid-19 sebaiknya melaporkan diri kepada petugas kesehatan dan melakukan isolasi mandiri. (pek)