Bupati tanda tangan Berita Acara bantuan ambulance Kepada PMI dari PT Antam. Foto: Pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Ketua PMI Sanggau, Yohana Kusbariah Ontot mengatakan saat ini PMI Sanggau memiliki tiga unit ambulan. Rencananya akan bertambah satu lagi dari sumbangan Bank Kalbar.

“Yang sudah diserahkan dua, yang lama satu. Kemudian rencananya Bank Kalbar akan menyerahkan lagi pada HUT Kota Sanggau ke-404,” kata Yohana usai menerima sumbangan satu unit ambulan dari PT. Antam Tbk, Senin (23/3).

Meski ada tiga ambulan yang standby, namun bagi yang ingin menggunakannya akan tetap dikenakan biaya untuk operasional. Hanya saja Kusbariah tak menyebut besarannya.

“Untuk operasional ambulan itu akan kita diskusikan. Tentu ada operasionalnya, tapi tidak sebesar apabila sewa mobil. Mungkin untuk sopirnya dan BBM-nya. Dari PMI juga akan kami anggarkan,” sebutnya.

Sementara tenaga sopir akan disiapkan tiga orang. Ia pun memastikan ambulan yang ada siaga 24 jam.

“Apalagi ini untuk virus corona, kita siap siaga di PMI. Karena sudah ada petugasnya. Kalau (ambulan) yang dari pusat itu khusus untuk orang kecelakaan dan alatnya lebih canggih, sehingga diperlukan kursus lebih dulu,” pungkasnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi apresiasi Antam mengucurkan CSR kepada PMI.

“Disamping tugas kemanusiaan yang rutin sebagai tugas mereka adalah ketersediaan darah dengan adanya ancaman corona saya sudah minta ke PMI karena mereka juga masuk di dalam gugus tugas untuk terlibat memastikan ambulance – ambulance ini bisa digunakan khususnya kesiapan mitigasi bencana untuk mobilitas apabila wabah ini merebak,” terangnya

PH meminta kepada seluruh masyarakat Sanggau untuk tidak meributkan soal imbauan atapun harapan, tapi ayolah ajakan – ajakan itu tumbuh dari kesadaran diri.

“Itu yang penting. Karena kalau kita menyelamatkan diri kita berarti kita menyelamatkan orang lain. Memang ini sesuatu yang kadang – kadang bisa pro – kontra, tapi yakinlah Pemerintah terus berusaha agar persoalan yang kita hadapi ini segera terselesaikan,” harapnya.(pek)