Pangeran Ratu Keraton Surya Negara Sanggau H. Gusti Arman memimpin langsung paradje' atau ritual adat bersih negeri doa, bershalawat dan berikhtiar. Foto: Pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Pangeran Ratu Keraton Surya Negara Sanggau H. Gusti Arman memimpin langsung paradje’ atau ritual adat bersih negeri doa, bershalawat dan berikhtiar, Minggu (22/3) pagi.

Ritual adat dengan bacaan sholawat, doa dan dzikir tersebut dilakukan dengan cara berkeliling Kota Sanggau.

Seratusan pengawal dan kerabat keraton yang dipimpin oleh Pangeran Ratu Surya Negara ikut membacakan doa sepanjang jalan yang dilalui.

Pangeran Ratu Surya Keraton Surya Negara Sanggau, H. Gusti Arman usai memimpin ritual adat Paradje’ bersih negeri menyampaikan ritual paradje’ ini merupakan upaya Keraton Surya Negara untuk menangkal atau membuang hawa – hawa yang buruk atau penyakit yang datang di Kabupaten Sanggau.

“Semoga dengan ritual yang kita adakan ini insyallah semua musibah dan semua penyakit termasuk covid-19 ini tidak sampai masuk atau hinggap di Kabupaten Sanggau ini,” harapnya.

Raja Sanggau itu menyebut, ritual paradje’ ini juga merupakan bagian dari rangkai HUT ke-404 tahun Kota Sanggau.

“Kegiatan ini juga merupakan anjuran dari Bupati yang meminta kepada kita pihak Keraton Surya Negara untuk melaksanakan ritual paradje’ bersih negeri ini. Ritual ini juga bukti komitmen kita pihak Keraton Surya Negara untuk bersama – sama Pemerintah memerangi covid-19 yang saat ini menjadi bencana nasional,” tutur Raja Sanggau. (pek)