Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur

Pontianak, BerkatnewsTV. DPRD Kalbar terpaksa membatalkan sejumlah agenda kedewanan lantaran merebaknya virus corona yang semakin meluas di sejumlah daerah di Indonesia.

“Iya saat paripurna kemarin, kami dari Fraksi Golkar mengusulkan untuk sementara ini kunjungan kerja (kunker) anggota dewan ke beberapa daerah di Indonesia dibatalkan,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur, Rabu (18/3).

Usulan Fraksi Golkar itu akhirnya diterima fraksi lainnya mengingat sejumlah komisi dalam waktu dekat telah mengagendakan kunjungan kerja ke beberapa daerah.

“Misalnya di dalam minggu ini lima komisi melakukan konsultasi dan studi banding ke Batam, Jakarta, Jogja dan daerah lain,” ungkapnya.

Pembatalan agenda kunker kedewanan itu disebutkan Prabasa melalui moment sidang paripurna. Di situlah kemudian disikapi langsung oleh Badan Musyawarah (Banmus).

“Pembatalan ini memang tidak bisa serta merta begitu saja namun melalui paripurna. Sempat terjadi perdebatan akan tetapi setelah kita memberikan pemahaman akhirnya semua sepakat,” terangnya.

Banmus kemudian akan menjadwalkan ulang agenda-agenda perjalanan dinas kedewanan dengan melihat situasi dan kondisi dua minggu kedepan.

“Jadi, semua fraksi dan komisi sudah bersepakat membatalkan perjalanan dinasnya. Ini berlaku sampai dua minggu kedepan. Setelah itu kita lihat lagi situasi dan kondisinya,” jelasnya.(rob)