Ketua Divisi Teknis KPU Sekadau Heriadi

Sekadau, BerkatnewsTV. Komisi Pemilihan Umum Sekadau mengungkapkan sejumlah syarat yang mesti dipenuhi oleh pasangan calon dari jalur perseorangan yang ingin maju di pilkada serentak.

“Untuk di Kabupaten Sekadau jumlah minimal syarat dukungan yaitu sebanyak 15.229 sedangkan untuk persebaran wilayahnya 50 persen,” kata Heriadi, Ketua Divisi Teknis KPU Sekadau Rabu (19/2).

Hal itu berdasarkan tahapan di PKPU No 16 tahun 2019 mulai tanggal 19-23 Februari 2020 yaitu untuk penyerahan dokumen syarat minimal dukungan calon perseorangan.

“Hari ini kita di datangi oleh bakal calon perseorangan beserta tim, dimana mereka menyampaikan dokumen syarat untuk calon perseorangan. Dan kita tentu hari ini melakukan pengecekan jumlah dan sebaran wilayah berdasarkan PKPU No 18 tahun 2019,” ujarnya.

Untuk pengecekan jumlah dokumen, lanjut dia, KPU menurunkan enam tim karena berdasarkan data dari formulir B2kwk ini dari paslon perseorangan ini mereka memiliki dukungan kurang lebih 16.302 dah setelah itu kita akan melakukan pengecekan jumlah dan persebaran wilayah dan dari hasil dukungan mereka tersebar di enam kecamatan.

Satu tim terbagi terdiri dari lima orang. Tetapi kita lihat wilayah persebaran nya yang paling banyak disitulah anggota tim yang dibanyakan.

“Kita hanya melakukan pengecekan di formulir B1KWK, B1.1KWK dan B2.KWK, jadi kita melihat kesesuaian jumlah B1KWK, B1.1KWK dan B2.KWK misalnya syarat KTP nya ada atau tidak ada, kalau misalnya tidak ada berarti tidak masuk hitungan. Jadi apabila tidak sesuai jumlahnya kita akan kembalikan dokumen syarat calon perseorangan kepada bakal calon perseorangan yag bersangkutan dengan memberikan tanda terima pengembalian berkas,” pungkasnya.(gun)