Kapal Ferry yang biasanya melayani penyeberangan Bardanadi - Siantan untuk sementara berhenti operasi dikarenakan adanya perbaikan dermaga sehingga penyeberagangan ini pun juga ditutup sementara. Foto: Ist

Pontianak, BerkatnewsTV. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak mengeluarkan surat pemberitahuan tentang penutupan sementara penyeberangan Bardanadi – Siantan.

Penutupan mulai berlaku dari tanggal 15-22 Januari 2020 ini lantaran adanya perbaikan dermaga. Sehingga kapal ferry yang biasanya melayani penyeberangan untuk sementara dihentikan.

“Ferry penyeberangan ditutup sementara karena ada perbaikan dermaga yang roboh ditabrak Kapal KM Mulya Sentosa beberapa waktu lalu,” terang Kepala Dishub Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi, Selasa (14/1).

Selama ferry penyeberangan ditutup, lanjutnya, para pengguna sarana penyeberangan untuk sementara bisa melewati Jembatan Kapuas I.

Sementara untuk roda empat ke atas, maupun angkutan lainnya diarahkan melewati Jembatan Kapuas II dan tembus ke Jembatan Landak.

“Untuk mengantisipasi potensi kemacetan arus lalu lintas, kami akan bekerjasama dengan pihak Satlantas Polresta Pontianak,” ungkap Utin.

Dengan adanya perbaikan dermaga tersebut, menurutnya juga berdampak pada arus lalu lintas sungai disebabkan lokasi di sekitar dermaga akan ditempatkan ponton untuk melakukan pemancangan tiang pondasi.

Pemancangan tiang pondasi tersebut diperkirakan membutuhkan waktu sekitar sepekan.

“Selain perbaikan dermaga, kapal ferry KMP Billy juga akan menjalani pemeliharaan (docking) rutin tahunan,” pungkasnya. (jim)