Iuran JKN-KIS Untuk Gotong Royong dan Bantu Sesama

Singkawang, BerkatnewsTV. Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan sebuah program di bidang kesehatan dari Pemerintah yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Program ini memberikan perlindungan jaminan kesehatan kepada seluruh segmen masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Novika Sari (32) merupakan peserta Program JKN-KIS dari segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU).

Novika Sari sudah pernah menggunakan kartu JKN-KIS pada saat melahirkan anaknya Inaya Rafa melalui operasi pada bulan Mei tahun 2016.

“Saya terkejut jika dokter memutuskan bahwa saya harus melahirkan dengan cara operasi. Tentu saya tidak menduga sebelumnya. Namun atas saran dokter yang lebih tau kondisi kehamilan saya, maka pihak keluarga menyetujui tindakan operasinya. Alhamdulillah operasinya berjalan lancar, saya dan bayi saya sehat walafiat pasca melahiran dan saya pulang gratis tidak mengeluarkan biaya apapun karena sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan,” tutur Novika Sari.

Novika Sari yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan suaminya bekerja swasta dengan penghasilan tidak tetap tentunya tidak bisa membayangkan apa yang terjadi jika dia tidak mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan.

Tentunya dia tidak akan mampu membayar biaya operasinya. Namun dengan masuk BPJS Kesehatan sebagai Peserta Bukan Penerima Upah atau Peserta Mandiri maka persoalan tersebut teratasi.

“Alhamdulillah saya sampai saat ini rutin bayar Iuran BPJS Kesehatan walaupun saya tidak menggunakannya lagi. Saat operasi melahirkan saya dibantu oleh Iuran peserta JKN-KIS lainnya, kini saatnya saya membantu mereka dengan membayar iuran tepat waktu. Iuran yang saya bayarkan untuk gotong royong dan bantu sesama,” Ungkap Novika Sari.

Novika Sari menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan BPJS Kesehatan telah menyelenggarakan program JKN-KIS buat masyarakat Indonesia.

Di akhir perbincangan, Novika Sari mengatakan bahwa program JKN-KIS sangat banyak membantu masyarakat Indonesa khususnya masyarakat di daerahnya.

Dia berharap agar program ini tetap ada dan terus dilanjutkan ke depannya.(rls)

Tulis Komentar