Saat Ram Check di Terminal Kubu Raya, Empat Bis Ditilang

Salah satu supir yang ditilang saat ramp check petugsa gabungan lantaran dokumen kendaraannya sudah kadaluwarsa. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Petugas gabungan terdiri dari Sat Lantas Polres Kubu Raya, Organda Kalbar, Dinas Perhubungan dan BPTD melakukan ram check terhadap sejumlah bis yang akan mengangkut penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Ram check bagian dari Operasi Lilin Kapuas 2019 menjelang Natal dan Tahun Baru,” kata Kasat Lantas Polres Kubu Raya IPTU Fauzan, Kamis (12/12).

Ramc check sambung Fauzan dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas saat kendaraan bis beroperasi membawa penumpang.

“Semua bagian kendaraan diperiksa seperti ban, rem, lampu sen, kondisi aki, air radiator. Sehingga keamanan kendaraan dan kenyamanan penumpang terjamin. Maka, kendaraan yang dinyatakan layak dibolehkan untuk jalan,” tuturnya.

Sementara itu Kasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Kalbar Andi Gunawan mengungkapkan bis yang dinyatakan layak ditempel stiker, sedangkan yang tidak layak diminta untuk melengkapi persyaratannya.

“Ada empat bis yang ditemukan tidak layak dan kami tilang karena kartu pengawasanya sudah kadaluwarsa dan buku ujinya sehingga kami minta ini segera diuruskan dulu,” ungkapnya.

Ketua Organda Kalbar Suhardi mengatakan semua kendaraan yang dilkukan ram check merupakan anggota Organda. Maka Ia berharap ram check dapat dilakukan secara rutin dan berkala.

“Ini dalam rangka untuk keselamatan penumpang karena supir adalah orang nomor satu yang menjamin agar bisa tiba di rumah keluarga dengan selamat,” tuturnya.

Harapannya, ram check tidak hanya di terminal di Pontianak dan Kubu Raya namun juga di terminal seluruh Kalbar.(rob)

Tulis Komentar