Penyuluh Pertanian Ujung Tombak Keberhasilan Petani

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Sanggau, Jhon Hendri

Sanggau, BerkatnewsTV. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau, H. John Hendri mengatakan bahwa penyuluh pertanian adalah ujung tombak keberhasilan di bidang pertanian.

“Mereka ini ujung tombak kita di lapangan. Berhasil atau tidaknya pertanian kita termasuk para petaninya dengan meningkatnya ekonomi petani itu sendiri adalah bagaimana para penyuluh kita bekerja dilapangan,” kata John Hendri, Minggu (27/10).

Untuk itu, para penyuluh perlu dibekali dengan berbagai pelatihan sehingga memiliki kompetensi dan kemanpuan dan memiliki kreatifitas memajukan pertanian.

Ia sebutkan berbagai pelatihan, baik dalam bentuk seminar, sosiisasi maupun pendidikan dan latihan (diklat) untuk penyuluh pertanian telah diberikan.

“Berbekal ilmu itu, Petani diharapkan mampu menjadi aparatur pertanian yang profesional, amanah, kreatif, proaktif, serta responsif dalam pelaksanaan tugasnya memecahkan permasalahan petani di lapangan sesuai disiplin ilmu pengetahuan yang dimiliki, metodologi dan teknis analisis yang tepat sesuai potensi wilayah masing-masing,” harapnya.

Dikatakan John, seorang penyuluh selain sebagai pendamping petani juga dituntut untuk bisa berperan aktif menjalankan program-program pemerintah yang saat ini sedang berjalan.

“Salah satu tugas penyuluh ada meningkatkan produksi pertanian’,” pungkasnya.

Kemudian, diera milenial ini, penyuluh pertanian juga harus siap dengan Era Revolusi Industri 4.0 saat ini yang menuntut semuanya serba automasi/robotic.

“Dan ini terus kita bekali penyuluh-penyuluh kita untuk melakukan inovasi, apalagi saat ini era milenial yang juga harus dikuasi oleh para penyuluh,” tuturnya.(dra)

Tulis Komentar