Terkait Jabatan Sekda, Tokoh Agama Berharap Perimbangan ke Bupati

Tokoh Agama Sanggau Mustafa

Sanggau, BerkatnewsTV. Tokoh muslim Kabupaten Sanggau H. Mustafa, S.Ag ikut angkat bicara terkait hasil open bidding atau seleksi terbuka jabatan Sekda Kabupaten Sanggau yang telah selesai dilakukan Panitia Seleksi (Pansel).

Ia yakin Bupati Sanggau Paolus Hadi sebagai user atau pengguna akan bijak dalam memilih satu dari tiga nama calon Sekda yang sudah disampaikan ke Gubernur Kalbar dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Keyakinan pria yang juga menjabat Ketua Majelis Ulama (MUI) Kabupaten Sanggau ini merujuk pada kebijakan-kebijakan yang diambil Bupati selama memimpin Sanggau. Salah satunya soal kebudayaan.

“Kita bisa lihat bahwa apa yang dilakukan pak Bupati terkait kebudayaan mendapat apresiasi banyak pihak. Semua etnis yang ada di Sanggau disupport untuk menampilkan dan melestarikan budaya masing-masing,” ujar Mustafa, Kamis (24/10).

Oleh karena itu, ia meminta agar penentuan Sekda Sanggau hasil open bidding dipercayakan kepada bupati. Pasalnya bupati punya hak penuh menentukan pilihannya, karena kewenangan ada di bupati sebagai pengguna.

“Harapan saya Bupati menghitung untung rugi dengan pilihan yang akan ditetapkan, apakah yang bersangkutan bisa menjamin dan mengamankan kebijakan bupati atau hanya lips service saja. Selain itu, memilih yang bisa bekerjasama dengan bupati, loyal, bisa diandalkan dan dapat mengamankan kebijakan. Yang tidak kalah penting adalah orang yang bagus menjalin hubungan dengan DPRD dan Forkopimda, saya rasa itu penting,” ucap Mustafa.

Tokoh muslim sanggau ini juga berharap, keserasian bisa menjadi pertimbangan bupati. Sebagai contoh di provinsi, gubernur dan wakil gubernur serta sekda-nya sudah mencerminkan keserasian.

“Tapi sekali lagi saya meyakini pak Bupati akan bijak dalam menjatuhkan pilihannya dan tentu saya sangat berharap bupati memikirkan kepentingan yang lebih besar yaitu kebersamaan dan keseimbangan,” tutur Mustafa. (dra)

Tulis Komentar