50 Titik Sumur Bor Atasi Karhutla

Sekda Pemkab Kubu Raya, Yusran Anizam

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Salah satu upaya untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan membuat puluhan titik sumur bor.

Sumur bor itu dikatakan Sekda Kubu Raya Yusran Anizam akan dibuat di daerah-daerah yang rentan terjadinya karhutla di sembilan kecamatan.

“Untuk tahun ini akan dibuatkan 50 titik dulu tergantung keuangan daerah. Secara bertahap akan ditambah lagi tahun depan sesuai kebutuhan,” ucapnya.

Dijelaskan Yusran, ketinggian gambut Kubu Raya 0-3 meter dpl. Maka kalau digali dua meter akan dibawah ketinggian tersebut.
Yang menjadi dilematis adalah jika digali atau membuat kanal-kanal akan terjadi penurunan gambut.

“Adanya sumbur bor ini lah nantinya akan menjadi salah satu solusi atasi karhutla dikarenakan biasanya saat penanggulangan karhutla kesulitan sumber air. Mesinnya menggunakan ABG dan BBG yang menggunakan sumber bahan bakar gas,” ujarnya.

Namun Yusran belum dapat menjamin adanya air ketika sumur bor dibuat. Tapi paling tidak dengan kedalaman minimal 70 meter airnya sudah dapat keluar.

“Sementara untuk perusahaan sudah dipanggil oleh Pak Bupati juga melakukan hal yang sama di kawasan konsesi lahannya dengan membuat sumur bor,” pungkasnya.(rob)

Tulis Komentar