Description

Berjuang Hadapi USBN, Siswa SD di Entikong Nginap di Sekolah

Siswa SD di Entikong terpaksa menginap di sekolah untuk mengikuti ujian nasional. Hal ini dikarenakan jarak rumah ke sekolah penyelenggara memakan waktu tempuh lebih dari dua jam. Foto: Abang Indra

Sanggau, BerkatnewsTV. Perjuangan pelajar SD Negeri 06 Merau Entikong Kabupaten Sanggau, untuk menempuh Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tidak lah mudah.

Butuh perjuangan berat membuat kita kagum atas semangat mereka menuntut ilmu. Mereka terpaksa menginap di sekolah penyelenggara USBN yang dimulai pada Senin (22/4).

Sebab, dari SD Negeri 06 Merau yang terletak di pedalaman Kecamatan Entikong memakan waktu tempuh sekitar dua jam untuk sampai ke sekolah penyelenggara di SD Negeri 03 Sontas.

“Tidur dan belajar juga disini,” jawab Siara, salah seorang siswi SD Negeri 06 Merau di wawancarai usai mengikuti UN, Senin (22/4).

Selama menginap, belasan siswa SD Negeri 06 Merau tidur dan belajar di satu ruangan kosong milik TK satu atap yang berlokasi di dalam komplek sekolah penyelenggara bersama guru pendamping.

Meski dengan kondisi tidak memadai, para siswa ini tetap semangat mengikuti USBN.

Kepala SD Negeri 03 Sontas Halijah menuturkan, ada tiga SD dari pedalaman Entikong yang menginduk di sekolahnya. Namun yang menginap di sekolah hanya siswa dari SD Negeri 06 Merau.

“Di sini yang menginduk dari SD Negeri 06 Merau, SD Negeri 09 Serangkang, SD Negeri 07 Mangkau. Yang nginap di sini dari SD Merau saja, siswa dari Serangkang dan Mangkau menginap di rumah gurunya,” kata Halijah.

USBN di SD Negeri 03 Sontas diikuti 73 peserta dari empat sekolah. Untuk menjamin keamanan USBN tiap-tiap pelaksanaan ujian diawasi dua orang guru.(dra)