Pemkot Singkawang menggelar pertemuan membahas penananganan virus Hepatitis A yang semakin hari penyebarannya meluas. Foto: Mizar

Singkawang, BerkatnewsTV. Dinas Kesehatan Kota Singkawang melakukan uji sampel air di sejumlah titik untuk mengetahui penyebab penyebaran virus Hepatitis A yang semakin hari kian banyak korban

“Kami telah melakukan pengambilan sampel air ke beberapa sekolah dan rumah tangga. Termasuk juga sumber air baku PDAM di Tirtasari Roban maupun Semelagi,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang, A Kismed.

Didalam pengambilan sampel itupun pihaknya selipkan edukasi ke masyarakat sebagai upaya memutus mata rantai penularan ke masyarakat.

Alasan diambilnya sampel air dari berbagai tempat karena dirinya ingin tahu apakah air yang digunakan untuk konsumsi bersih atau tidak.

“Maka dari itulah kita ambil airnya untuk sampel,” jelasnya.

Kepada masyarakat Singkawang, diimbau untuk selalu berhati-hati dalam mengambil sumber air untuk konsumsi. Haruslah diambil dari sumber yang terjamin kebersihannya.

Kemudian, saat memasak upayakan air yang dimasak itu betul-betul mendidih.

“Artinya jika air sudah mendidih lewatkan 5 sampai 10 menit, baru matikan kompornya. Jangan begitu mendidih langsung dimatikan kompornya,” pintanya.

Kemudian pada saat mencuci piring dan gelas yang kotor usahakan dicuci dengan air yang bersih.

Mengenai sampel air yang diambil, pihaknya koordinasikan ke Dinkes Provinsi Kalbar apakah bisa dikirim untuk diuji. Dan kalau dapat biayanya bisa ditanggung oleh pemerintah pusat.(mzr)