Description

Hari Ini Puncak Haji, Jutaan Umat Wukuf di Arafah

Hari ini Sabtu (15/6) 9 Zulhijah 1445 Hijriah adalah puncak ibadah haji dimana jutaan umat Islam dari seluruh dunia sedang melaksanakan prosesi wukuf di Arafah. Foto: ist/tmB
Hari ini Sabtu (15/6) 9 Zulhijah 1445 Hijriah adalah puncak ibadah haji dimana jutaan umat Islam dari seluruh dunia sedang melaksanakan prosesi wukuf di Arafah. Foto: ist/tmB

BerkatnewsTV. Hari ini Sabtu (15/6) 9 Zulhijah 1445 Hijriah adalah puncak ibadah haji dimana jutaan umat Islam dari seluruh dunia melaksanakan prosesi wukuf di Arafah.

Wukuf salah satu rangkaian rukun ibadah haji yang harus dilaksanakan oleh para jemaah haji setelah tergelincirnya matahari atau waktu zuhur pada hari Arafah.

Wukuf memiliki makna memohon pengampunan dan bertaubat kepada Allah SWT yang dilaksanakan di Padang Arafah.

Dikutip dari situs Kemenag RI, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyelenggarakan khutbah wukuf dan salat berjamaah di tenda utama dan di setiap tenda jemaah yang dilaksanakan oleh para pembimbing ibadah.

Anggota Media Center Kementerian Agama RI Widi Dwinanda mengatakan sekira pukul 19.00 Waktu Arab Saudi, jemaah haji mulai diberangkatkan dari Arafah ke Muzdalifah.

Ia menjelaskan, tahun ini, PPIH memberlakukan skema murur bagi jemaah haji risiko tinggi, lanjut usia, disabilitas, pengguna kursi roda, dan para pendampingnya di Muzdalifah.

Baca Juga:

“Mabit di Muzdalifah dengan cara murur adalah mabit yang dilakukan dengan cara melintas di Muzdalifah, setelah menjalani wukuf di Arafah,” jelasnya.

Jemaah saat melewati kawasan Muzdalifah, kata dia, tetap berada di atas bus (tidak turun dari kendaraan), lalu bus langsung membawa mereka menuju tenda Mina.

“Selain jemaah risiko tinggi, lansia dan disabilitas, pergerakan jemaah ke Muzdalifah dilakukan dengan sistem taraddudi (shuttle) yang mengantar jemaah dari Arafah menuju Muzdalifah,” terangnya.

Selama melaksanakan mabit (menginap), ia menambahkan, jemaah dapat istirahat dan berzikir, menyelingi zikir dengan berdoa kepada Allah, sebab Muzdalifah termasuk tempat mustajab. Tidak ada ibadah khusus selama mabit di Muzdalifah.(tmB)