Description

Monumen Juang Titi Simbol Semangat Nasionalisme

Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan saat menjadi Irup peresmian Monumen Juang Tumbang Titi di Kecamatan Tumbang Titi pada Rabu (25/10). Foto: naufal
Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan saat menjadi Irup peresmian Monumen Juang Tumbang Titi di Kecamatan Tumbang Titi pada Rabu (25/10). Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Monumen Juang Tumbang Titi di Kecamatan Tumbang Titi telah diresmikan pada Rabu (25/10). Peresmian ini bagian dari napak tilas untuk mengenang sejarah Perang Kedang.

Pembangunan Monumen Tugu Juang ini untuk mengenang sejarah perjuangan masyarakat tahun 1914 yang dipimpin Uti Usman, pada masa itu para pejuang melawan ketidak adilan dan kewenangan pemerintahan kolonial Belanda dalam sistem pajak perorangan.

“Monumen Juang Tumbang Titi ini sebagai simbol untuk menghormati dan mengabadikan sikap heroik yang ditampilkan oleh para pejuang dan bhayangkara negara yang telah mengabdi kepada negara dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” kata Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan saat menjadi Irup peresmian monumen.

Baca Juga:

Iwan menilai bangsa yang besar merupakan bangsa yang menghormati para pahlawan para pejuang dan para pendahulunya sedangkan bangsa yang cerdas adalah bangsa yang bisa memetik pelajaran dari apa yang dialami di masa lalu untuk kepentingan yang baik di masa depan.

Iwan berpesan untuk terus membangun diri agar bangsa Indonesia benar-benar menjadi bangsa yang besar dan cerdas.

“Pelajaran yang sangat berharga kepada kita semua bahwa sebenarnya jiwa dan semangat nasionalisme bangsa Indonesia telah ada dan tumbuh subur dengan semangat kuat,” tuturnya.(naf)