Description

Gawai Adat Dayak Ketapang Dimulai

Sekda Ketapang Alexander Wilyo membuka secara resmi gawai adat Dayak Ketapang pada Senin (10/7).
Sekda Ketapang Alexander Wilyo membuka secara resmi gawai adat Dayak Ketapang pada Senin (10/7).

Ketapang, BerkatnewsTV. Sekda Ketapang Alexander Wilyo membuka secara resmi gawai adat Dayak Ketapang pada Senin (10/7).

Pembukaan yang biasanya dilakukan dengan cara memukul gong, namun tahun ini dibuka dengan cara memancung buluh (bambu) muda.

Pemkab Ketapang katanya mendukung penuh pengembangan adat, budaya dan tradisi seluruh masyarakat etnis di Ketapang.

Karena itu, Pemkab Ketapang mengalokasikan untuk pelaksanaan acara Gawai Dayak, Pentas Seni Budaya Melayu, perayaan 1 Suro untuk Paguyuban Jawa, juga Paguyuban Madura, Batak dan Flobamora.

“Mari kita bersatu padu, saling kompak, jaga keharmonisan, keamanan, ketertiban Ketapang. Ketika situasinya kondusif, Kamtibmas terjaga, maka kita akan dapat mempercepat pembangunan, mewujudkan pembangunan di segala bidang, termasuk infrastruktur, seni budaya, sosial budaya, ekonomi dan sebagainya,” jelasnya.

Baca Juga:

Alexander juga mengungkapkan akan digelar agenda akbar daerah Napak Tilas pada tanggal 23 – 26 Oktober 2023.

“Sebagai generasi penerus, kegiatan akbar tersebut adalah untuk mengingat kembali perjuangan para pendahulu kita pada saat melawan penjajahan Belanda dan Jepang. Maka salah satu kegiatan Napak Tilas nanti adalah ziarah ke makam Panglima Tentemak dan makam Uti Usman di Tumbang Titi,” paparnya.

Ia juga mengupas masalah Nanga Tayap yang menyimpan banyak nilai-nilai historis, yakni Kayong.

“Kayong itu adanya di Tayap, bukan di daerah lain. Ada Sungai Kayong. Di sini ada Desa Kayong Tuhe. Ada Desa Tajok Kayong. Ada Desa Kayong Utara. Artinya Kayong itu ada di Nanga Tayap. Maka Kabupaten Ketapang itu identik dengan Kayong,” paparnya.

Alexander berharap agar seluruh tokoh masyarakat Nanga Tayap untuk mengangkat kembali kebesaran nama Kayong. Baik adat Melayu, adat Dayak maupun seluruh masyarakat Nanga Tayap.

“Ini adalah PR dari saya bagi Ketua DAD, Ketua MABM, Camat Nanga Tayap dan seluruh jajaran serta para Kades,” ucapnya.(naf)