Description

Ditemukan Toko Moderen Jual Barang Kadaluarsa

Petugas BPOM Kalbar saat melakukan sidak di toko moderen yang ada di Kecamatan Sui Kakap pada Jumat (23/3) berhasil menemukan barang - barang yang sudah kadaluarsa masih dijual.
Petugas BPOM Kalbar saat melakukan sidak di toko moderen yang ada di Kecamatan Sui Kakap pada Jumat (23/3) berhasil menemukan barang - barang yang sudah kadaluarsa masih dijual. Foto: dian

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kalbar temukan makanan dan minuman siap saji yang sudah kadaluarsa dijual oleh roko moderen.

Setidaknya ada belasan barang-barang yang terlewat masa waktunya masih dipajang dalam lemari kaca diantaranya bermerk yogurt dua jenis, sosis nice Greek, sosis premium.

Penemuan ini setelah inpeksi mendadak (sidak) dari pasar tradisional Kecamatan Sungai Kakap dilanjutkan ke toko swalayan moderen pada Jumat (24/3).

Salah satu petugas BPOM, Stevanus mengatakan barang-barang kadaluarsa tersebut telah lewat waktu yang ditetapkan setidaknya lewat satu bulan.

“Sekitar bulan dua (Pebuari) hanya saya lupa tanggal berapa,” ucapnya.

Baca Juga:

Sementara Sekda Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan barang-barang kadaluarsa yang masih dipajang agar disimpan atau dimusnahkan. Karena pelayanan di toko swalayan moderen lebih ketat dalam mengontrol barang-barang masuk dan keluar.

“Saya rasa hukum dagang sekaligus ekonomi yang diterapkan di sini,” tegas Yusran.

Sedangkan minyak goreng curah Minyakita juga tidak ditemukan di kedua toko swalayan moderen ini. Program pemerintah pusat berupa MinyaKita bersubsidi ditujukan untuk masyarakat menengah dan kebawah.

“MinyaKita tidak ada ditemukan disini, maka kedepannya dinas teknis berkoordinasi agar tersuplay disini. MinyaKita ini upaya penyeimbang kebutuhan masyarakat, karena program nasional,” jelasnya.

Berdasarkan pantuan, barang-barang kadaluarsa diamankan petugas BPOM yang dilanjutkan pendataan secara tertulis untuk diberikan ke pihak toko swalayan moderen.(dian)