Pemkab Sintang Diingatkan Bekerja Berdasarkan Data Valid

Bupati Sintang Jarot Winarno dan Gubernur Kalbar Sutarmidji
Bupati Sintang Jarot Winarno dan Gubernur Kalbar Sutarmidji

Sintang, BerkatnewsTV. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang diingatkan bekerja dan membuat program pembangunan berdasarkan data yang valid.

“Berdasarkan data yang ada, progresnya semuanya ada peningkatan. Tapi kuncinya adalah data. Saya berharap Sintang membuat program untuk memvalidasi data. Tanpa data yang valid sebuah program tidak akan terlaksana dengan baik,” ujar Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Hal itu disampaikan Sutarmidji saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Sintang Tahun 2024, pada Selasa (14/3).

Baca Juga:

Sutarmidji mencontohkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kalbar tahun 2023 mencapai 53,24% dari APBD, dimana angka tersebut melebihi angka transfer dari pemerintah pusat.

“Hal ini disebabkan karena validnya data yang diperoleh, agar kita dapat menggali dan meningkatkan potensi pendapatan daerah sehingga program yang terlaksana tepat sasaran,” ungkapnya.

Sutarmdiji juga menyinggung kasus stunting dan kemiskinan di Sintang yang tinggi. Masalah ini dapat teratasi dengan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa sebagaimana yang tertuang dalam 54 indikator Indeks Desa Membangun (IDM).

“Saya harap seluruh stakeholder bekerja sesuai dengan indikator yang ditetapkan Kementerian, agar lebih memudahkan pekerjaan kita. Jika di Kabupaten seluruh desa berstatus desa mandiri dan maju, maka seluruh indikator akan bagus. Karena desa mandiri terdiri dari indeks kekuatan sosial, ekonomi dan lingkungan. Semua berkaitan dengan indeks desa membangun,” harap Gubernur.(tmB)