Description

Lima Permainan Tradisional di Dalam Rumah

Lima permainan tradisional yang bisa dimainkan dalam rumah
Lima permainan tradisional yang bisa dimainkan dalam rumah. desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Seperti diketahui, di zaman yang modern ini permainan tradisional sudah mulai ditinggalkan. Anak-anak lebih suka memainkan gadget atau game console. Tidak hanya seru untuk dimainkan, permainan tradisional juga memiliki manfaat bagi anak karena bisa mengembangkan kemampuan motorik dan kognitifnya.

Memang saat ini, kita sedang dihebohkan dengan permainan tradisional lato-lato. Sebenarnya, ada banyak permainan tradisional lain yang bisa anda coba di rumah. Berikut lima permainan tradisional yang bisa anda mainkan di dalam rumah:

  1. Lempar koin

Permainan yang seru ini dapat sekaligus melatih koordinasi antara mata dan tangan. Bahan yang harus Anda siapkan pun sangat mudah ditemukan, yakni uang koin dan gelas.

Cara bermainnya:

• Letakkan gelas di atas bangku, meja, atau permukaan datar lainnya.
• Berikan 5 koin pada tiap pemain.
• Minta pemain untuk mundur beberapa langkah. Semakin besar usianya, jaraknya dengan gelas bisa semakin jauh.
• Minta untuk melempar koin ke gelas.
• Semakin banyak memasukkan koin, semakin besar hadiah yang didapatkan. Anda pun bisa menggunakan benda lain untuk dilempar, misalnya kepingan blok mainan anak atau kelereng

  1. Petak Umpet

Ingin mengajar berhitung dengan cara yang seru? Pakai permainan petak umpet saja. Pada permainan ini anak akan mendapat giliran untuk berjaga dan mencari lawan yang bersembunyi. Sambil berjaga, ia harus menghitung angka hingga jumlah tertentu sambil menunggu lawannya bersembunyi. Secara tidak langsung permainan tradisional ini membuat anak belajar menghitung, bukan?

  1. Lompat Tali

Sebelum bermain, buat tali dari rangkaian karet gelang dulu. Sambungkan beberapa karet gelang hingga mencapai panjang yang diinginkan. Dari permainan ini, anda juga bisa belajar melatih kemampuan motorik halus sekaligus mengkoordinasikan mata dan tangannya.

  1. Kelereng

Kelereng adalah jenis permainan tradisional yang populer, terutama bagi anak laki-laki. Bahkan dulu kelereng menjadi koleksi karena motifnya yang berwarna-warni. Kelereng dimainkan secara berkelompok dengan cara menembakkan satu kelereng ke kelereng lainnya yang ada di dalam lingkaran dengan cara disentil. Saat berhasil mengenai kelereng lawan, maka kelereng tersebut bisa kita miliki. Siapa yang paling banyak mengambil kelereng lawan, maka dialah pemenangnya.

  1. Mencari harta karun
    Permainan yang seru ini dapat melatih kemampuan problem solving dan jiwa observasi. Untuk membuat game lebih seru, Anda dapat menyelipkan hadiah yang boleh dimiliki saat permainan selesai.

Itulah beberapa permainan tradisional yang asyik dimainkan saat bosan berada di rumah. Selamat bermain dan bersenang-senang.(*)