banner 728x250

PPS Harus Amanah dan Netral di Pemilu

Amanah yang diberikan hendaknya dijalankan dengan rasa tanggungjawab, kompeten dan layak sebagai petugas yang terpilih menyukseskan Pemilu 2024
Bupati Sambas Satono bersama 585 orang PPS yang dilantik pada Selasa (24/1) yang diharapkan dapat menjalankan amanah dan netral di Pemilu 2024. Foto: dra

Sambas, BerkatnewsTV. Sebanyak 585 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik. Ke-585 orang PPS ini akan bertugas sebagai penyelenggara pemilihan umum (pemilu) tingkat desa di 195 desa dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas.

Bupati Sambas Satono mengingatkan PPS yang telah dilantik segera menjalankan fungsinya secara optimal dan lakukan konsolidasi internal guna menentukan langkah langkah yang disepakati dengan berpedoman pada rambu rambu tugas yang telah diberikan.

“Amanah yang diberikan hendaknya dijalankan dengan rasa tanggungjawab, kompeten dan layak sebagai petugas yang terpilih menyukseskan Pemilu 2024,” harapnya.

Maka sambung Satono, PPS berperan memberikan fasilitasi dan pelayanan kepada masyarakat hendaknya bersikap adil. Agama apapun dia harus bertindak adil dalam bertugas melaksanakan fungsi.

Baca Juga:

PPS yang dilantik pada Selasa (24/1) ini akan bertugas selama 14 bulan kedepan mulai Januari 2023 hingga April 2024. Namun akan diperpanjang jika Pilkada Gubernur Kalbar berlangsung pada November 2024.

Satono juga berharap PPS harus berkolaborasi, komunikasi dan publikasi dengan perangkat pendukung untuk memberikan pemahaman dan persepsi yang selaras dalam setiap agenda yang telah ditentukan.

“Karenanya hubungan kerja secara eksternal kalanya menjadi attensi kita semua. Sebab hubungan dengan pemerintah desa, kecamatan dan stakeholder lain menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan,” tambah Satono.

Ia juga menegaskan PPS harus menjaga netralitas dan tidak berpihak. Bangun organisasi secara transparan, akuntabel, efektif dan dapat dipertanggungjawabkan karenanya lakukan dengan sistematis dan terukur sehingga agenda yang dikerjakan akan efektif dan efisien.(dra)