banner 728x250

Lancang Kuning Deteksi Karhutla

Personel Polsek Batu Ampar dibantu masyarakat seadng memadamkan api yang membakar lahan. Karhutla ini terdeteksi melalui aplikasi lancang kuning.
Personel Polsek Batu Ampar dibantu masyarakat seadng memadamkan api yang membakar lahan. Karhutla ini terdeteksi melalui aplikasi lancang kuning. Foto: dian

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mulai terjadi di Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Karhutla terdeteksi dari aplikasi Lancang Kuning.

“Karhutla terdeteksi melalui aplikasi Lancang Kuning,” kata Kapolsek Batu Ampar IPDA Freddy, Kamis (19/1).

Ia sebutkan api api telah menjalar di lokasi hamparan lahan semak belukar di Dusun Sungai Masjid Desa Medan Mas Kecamatan Batu Ampar pada Rabu (18/1).

Pihaknya sambung Freddy bersama personel Masyarakat Peduli Api (MPA) bergegas menuju lokasi dengan berbekal alat sederhana sehingga api berhasil dipadamkan.

Baca Juga:

“Kodisi sangat tidak menguntungkan dimana sumber air mengering dan lokasi sangat jauh dan susah mendapatkan air, kami bersama MPA melakukan pemadaman Karhutla dengan alat seadanya,” jelasnya.

Dilokasi kejadian itu, tambah dia para petugas membawa sebatang kayu serta tanah lembab atau yang basah. Kayu-kayu yang dibawa untuk dipukulkan ke bara api agar tidak menimbulkan api lagi. Sedangkan tanah lembab ditaburkan ke api yang masih menyala.

“Air juga kami bawa dengan ember. Sekitar dua kilometer jarak sumber air ke lokasi kebakaran dan kami usahakan yang terbaik agar api tidak meluas,” tegasnya. (dian)