Description

Manfaat Media Massa Dalam Dunia Bisnis

Manfaat media massa dalam dunia bisnis
Manfaat media massa dalam dunia bisnis. desain grafis berkatnewstv

BerkatnewsTV. Saat ini, mekanisme pemasaran menggunakan perantara media massa oleh pelaku bisnis sudah banyak dilakukan. Kapasitas media massa yang komprehensif dalam mengiklankan produk sangat baik untuk menunjang bisnis pelaku usaha yang lebih optimal.

Pers memiliki peran yang penting dalam menumbuhkan berbagai sektor industri. Sebagai pilar keempat demokrasi di Indonesia, pers memiliki posisi strategis guna mencapai tujuan bernegara.

Kebebasan pers dalam memainkan peran pada sistem demokrasi harus mampu memberikan aspirasi yang berpotensi memajukan berbagai sektor, apalagi dalam kemajuan ekonomi.

Posisi pers dalam mendukung dan memperkuat ekonomi kerakyatan tidak lepas dari fungsi dan perannya untuk menginformasikan dan mempromosikan berbagai kegiatan rakyat, misalnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Promosi tersebut ditempuh agar masyarakat luas mengenal produk yang hendak dipasarkan, baik skala regional, nasional, maupun internasional.

Media massa yang saat ini telah bertransformasi menjadi digital telah melibatkan sektor bisnis dalam skala besar. Tidak hanya itu, media mainstream ini juga memainkan peran yang signifikan dalam menjalankan promosi produk. Dengan begitu, upaya media massa saat mempromosikan berbagai jenis usaha akan menunjang kemajuan suatu kegiatan ekonomi, baik kecil maupun besar.

Dasar pemahaman pelaku usaha untuk menjalin kerjasama dengan media sangat berpotensi untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, kerja sama antara pelaku usaha dengan menggandeng media sangat membantu, terutama untuk promosi dan pengiklanan, juga dalam mengawal perjalanan bisnis yang ideal, dalam menjalin kerja sama antar pelaku usaha.

Saat ini, di Indonesia telah lahir era revolusi industri 4.0 yang bersendi digitalisasi, kekuatan komputasi, dan analitik data. Kondisi ini yang diharapkan dapat membangun ekosistem bisnis yang baik, terutama pemerataan ekonomi dengan cara yang modern.

Perlu diingat, dalam menjalankan bisnis, saling menguntungkan adalah hal yang paling mendasar untuk diterapkan kepada sesama mitra. Berbisnis dengan perusahaan media massa dalam kegiatan promosi pun sama bermanfaatnya seperti berbisnis dengan pelaku usaha, seperti vendor misalnya. Dengan perantara media massa, perusahaan akan dikenal lebih luas.(*)