Description

90 Persen Hewan Ternak Terinfeksi PMK Dinyatakan Sembuh

Petugas kesehatan hewan melakukan vaksinasi terhadap sapi yang masih sehat guna mencegah terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
Petugas kesehatan hewan melakukan vaksinasi terhadap sapi yang masih sehat guna mencegah terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Foto: Tommy

Pontianak, BerkatnewsTV. Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Barat mengklaim angka kesembuhan hewan ternak yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah mencapai 90 persen.

“Kesembuhan PMK ini secara bertahap meningkat dengan total 876 ekor. Bahkan angka kesembuhan mencapai 90 persen,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Barat, M Munsif, Rabu (13/7).

Hewan ternak yang sembuh tersebut tambah Munsif telah diberikan vaksin yang disuplai dari Prancis.

“Sebanyak 3900 vaksin sudah dikirim ke berbagai daerah di Kalbar,” ucapnya.

Vaksinasi disebutkan Munsif tidak hanya bagi hewan ternak yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), namun juga bagi hewan ternak yang masih sehat guna mengantisipasi tidak terjangkit PMK.

“untuk hewan yang masih sehat harus ditingkatkan imunnya dengan pemberian vaksin,” ujarnya.

Baca Juga:

Menurut Munsif hal ini merupakan salah satu langkah awal bagi peternak agar tetap tenang karena penyebarannya sangat cepat namun masih dapat diobati.

Ia menambahkan data yang dikumpulkan dari kabupaten hampir sembilan ribu ekor stok masih cukup memenuhi kebutuhan setelah lebaran Iduladha.

“Jumlah ini disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kalbar setelah lebaran Iduladha,” pungkasnya.(tom)