Description

Fraksi PPHN Terbentuk, DPRD Kubu Raya Miliki Sembilan Fraksi

Wakil Ketua DPRD Kubu Raya didampingi Ketua DPRD memimpin rapat paripurna pembentukan Fraksi PPHN gabungan dari PPP dan Hanura
Wakil Ketua DPRD Kubu Raya didampingi Ketua DPRD memimpin rapat paripurna pembentukan Fraksi PPHN gabungan dari PPP dan Hanura. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Satu lagi fraksi bertambah di DPRD Kabupaten Kubu Raya yakni dengan nama Fraksi Persatuan Pembangunan Hati Nurani (PPHN). Fraksi ini gabungan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebelumnya bersama Partai Golkar dengan nama Fraksi Karya Pembangunan. Namun keduanya akhirnya bercerai. Begitu pula dengan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) sebelumnya bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nama Fraksi Kebangkitan Nurani.

Bertambahnya Fraksi PPHN, maka jumlah total fraksi di DPRD Kubu Raya menjadi sembilan dari sebelumnya delapan. Fraksi PPHN ini telah disahkan melalui rapat paripurna pada Rabu (6/4) di DPRD Kubu Raya.

Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Usman menilai bercerainya PPP dengan Golkar tidak ada larangan di DPRD. Begitu pula dengan Hanura dan PKB.

“Tidak dilarang sepanjang fraksi yang ditinggalkan masih tetap utuh. Kecuali tidak utuh maka tidak boleh berpisah,” jelasnya.

Baca Juga:

Usman menyatakan alasan kedua partai tersebut bercerai dan membentuk fraksi baru hanya yang bersangkutan lebih tahu. DPRD sifatnya hanya memfasilitasi.

“Memang 2,5 tahun ada rotasi AKD sesuai kesepakatan di awal dulu. nah mungkin di moment ini lah teman-teman yang ada di PPP dan Hanura manfaatkan moment ini untuk keluAr dan bergabung membentuk fraksi baru” terangnya.

Diakui Usman, bercerainya PPP dan Hanura dengan membentuk fraksi baru merupakan sikap politik yang tidak lazim terjadi di DPRD Kubu Raya sejak dari dulu.

“Ini baru pertama kali terjadi. Memang tidak lazim dan tidak biasa terjadi. Tapi ini merupakan dinamika politik yang rasional. Tidak akan mengganggu komunikasi politik di lembaga DPRD,” tegasnya.

Disebutkan politisi Partai Demokrat ini, setelah Fraksi PPHN ini terbentuk, mereka mendapat jatah posisi di Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang baru.

“Mudah-mudahan adanya Fraksi PPHN yang baru ini dapat menambah kualitas warna politik di lembaga DPRD Kubu Raya dan dapat menjalankan tupoksinya,” harapnya.(rob)