Presiden RI Joko Widodo meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir di Kelurahan Ladang, Kecamatan Sintang.
Presiden RI Joko Widodo meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir di Kelurahan Ladang, Kecamatan Sintang. Foto: ist

Sintang, BerkatnewsTV. Presiden RI Joko Widodo meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir di Kelurahan Ladang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Rabu, (8/12).

Jokowi menjelaskan, pembangunan infrastruktur tersebut dalam rangka mengatasi banjir dalam jangka pendek.

“Tanggul dari geotube yang diisi pasir ini kita harapkan dalam jangka pendek bisa mengurangi banjir yang ada,” katanya.

Menurut Jokowi, solusi jangka menengah dan panjang yang perlu menjadi perhatian mengingat adanya hujan ekstrem.

“Tapi yang perlu kita atasi adalah kerusakan daerah aliran sungai (DAS), kerusakan catchment area/daerah tangkapan hujan. Inilah yang juga akan kita siapkan untuk dikerjakan yaitu penanaman kembali, penanaman pohon, penghutanan kembali daerah-daerah yang berada di sekitar Sungai Kapuas maupun Sungai Melawi,” katanya.

Baca Juga:

Jokowi berharap, upaya-upaya itu dapat memperbaiki catchment area dan daerah aliran sungai terutama di daerah perhuluan.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun memerintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama pihak swasta membuat persemaian.

“Sehingga penghutanan kembali itu betul-betul bisa berjalan,” tegasnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan pihaknya berkunjung ke kabupaten Sintang tidak sendirian melainkan bersama beberapa menteri diantaranya Menteri PUPR, Menteri Sosial, Menhub,Ketua Komisi V DPR-RI.

“Pembangunan infrastruktur dalam mengatasi banjir jangka pendek di Sintang, dengan membuat tanggul menggunakan geobag dan geotube yang diisi dengan pasir ,akan mengurangi banjir,” pungkasnya.(sus)