Kepala Dinas Kominfo didampingi staf ahli bupati menunjukan ruang operator CCTV di Diskominfo Sanggau.
Kepala Dinas Kominfo didampingi staf ahli bupati menunjukan ruang operator CCTV di Diskominfo Sanggau. Foto: ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sanggau memasang CCTV di enam lokasi.

“Ada enam titik, yakni di simpang Dekranasda, simpang lamai dara, simpang BRI dan Simpang SDN1, sementara untuk luar Kota Sanggau itu dipasang baru yakni, di simpang Sosok dan simpang Ampar Tayan,” kata Kepala Dinas Kominfo Sanggau, H. Joni Irwanto kepada wartawan, Minggu (21/11).

Joni mengungkapkan, keberadaan CCTV tersebut bisa dipergunakan bersama Kepolisian untuk mengungkap aksi kejahatan dan juga kecelakaan lalu lintas.

“Jadi, CCTV ini recordnya dipergunakan bersama dengan Polres dalam rangka meminimalisir kejahatan dan kecelakaan, juga untuk ketertiban umum,” ujarnya.

Baca Juga:

Dengan dipasangnya CCTV di enam lokasi tersebut, diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi pengguna jalan, memberikan edukasi lalu lintas, sebagai dokumentasi traffic dan dokumen pengungkapan kejahatan.

“Kalau terjadi tindak kejahatan dan pelaku melarikan diri keluar Sanggau dapat dideteksi baik spesifikasi kendaraannya ataupun waktu yang berkaitan dengan kejahatan yang dilakukan. Untuk operatornya tetap di Diskominfo Sanggau,” ungkapnya.

“Bisa juga sebagai barang bukti dalam olah TKP dan dalam pengadilan. Di harapkan masyarakat merasa aman, dan para pelaku kejahatan untuk berpikir ulang melakukan kejahatan dan melarikan diri karena akan terdeteksi arah pelariannya,” tambahnya menutup pembicaraan. (pek)