Description

Komputer Gaming atau Komputer Kantoran, Bedanya?

komputer gaming
komputer gaming

Berkatnewstv pasti dalam bayangan kita yang awam dengan teknologi akan beranggapan sebuah komputer yang hanya bisa digunakan untuk bermain game.

Padahal opini semacam itu, tidaklah begitu benar. Komputer biasa, yang biasa digunakan untuk kerja, nugas sekolah atau yang lain, malah belum tentu kuat saat harus diisi banyak data.

Nah, hal ini akan berbeda lagi dengan komputer gaming yang bisa lebih menang dalam banyak hal? Kok bisa gitu ya? Catatan, PC Gaming ini bisa dirakit sendiri.

Dengan PC gaming dalam bentuk rakitan, komputer biasa aja, bisa jadi lebih wow. Jika Anda masih belum jago, bisa dibaca di internet, banyak sekali ilmu bertebaran. Di sini juga ada kok, Anda nggak yakin?

Apakah itu benar? Mari kita simak gambaran dari teknologi yang satu ini. Dalam artikel ini, akan menjelaskan mulai dari perbedaan hingga beberapa komponen yang penting. Saat kita ingin merakitnya.

Oh iya, kelemahan dan kelebihan dari PC Gaming juga ada, lengkap banget kan? Yuk simak, jangan sampai ketinggalan.

Komputer Gaming dan Kantoran Bedanya?

Sedikit perbedaan tentang komputer biasa dengan komputer gaming. Seperti contoh komputer yang digunakan di kantoran, yang dibutuhkan biasanya hanyalah untuk membuat laporan. Itulah sebabnya pada komputer kantoran memiliki program Microsoft Office.

Dengan menggunakan Microsoft Excell word, pekerjaan yang dilakukan sehari-hari di kantor, akan jadi lebih mudah. Setiap hari, so pastinya Anda membutuhkan ini kan?

Siapapun yang sering menggunakan Microsoft word dan Excell atau berkas yang semacamanya. Tentu tidak terlalu mementingkan komponen yang berbau grafik tinggi. Dengan keperluan yang tidak besar tersebut (spesifikasi yang tidak tinggi), hanya program Office, akan menjadi hemat listrik.

Sayangnya, spesifikasi tersebut masih kurang memuaskan Anda.

Sedangkan komputer gaming yang sekarang sudah beredar di pasar, bukan hanya memiliki kemampuan untuk main game tetapi juga untuk kebutuhan besar yang tidak bisa dijalankan oleh komputer biasa.

Kompter gaming adalah perangkat yang dilengkapi dengan komponen berkekuatan tinggi. Nah, untuk mengenali itu Komputer gaming atau bukan, ada ciri-ciri khusus, di antaranya melihat komponennya.

Salah satu komponen itu adalah aplikasi berbasis grafis yang biasa digunakan oleh game, apa itu? Graphics Card.

Graphics card sendiri berfungsi untuk menerjemahkan/ mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor.

Adanya graphics card dalam komputer gaming, sudah pasti penting. Hal ini membuat sepertiga harga yang terkandung di komputer ini, tentu karena graphic cardnya. Mengapa? Jika teknologi visual yang digunakan semakin tinggi, harga pun ikutan berpengaruh naik.

Komputer Gaming dan Macam-macam Komponennya

Untuk membuat seperangkat komputer gaming yang keren dapat dirakits endiri di rumah, terdapat beberapa komponen yang perlu disiapkan.

1. Central Processing Unit (CPU) Serta Motherboard

Dua perangkat ini merupakan komponen utama dalam sebuah komputer gaming. Kita membutuhkan CPU dan Motherboard dengan performa yang mumpuni. Motherboard rekomendasi, kita bisa memakai merek MSI seri H110M, harganya lumayan mahal tapi cukup memenuhi ambisi bermain game dengan lancar.

Sedangkan CPU yang dapat direkomendasikan adalah Intel Core i5 6600, kemampuannya diyakini akan mampu bersaing hingga beberapa tahun kedepan.

2. Random Access Memory (RAM)

CPU dan Motherboard harus ada RAM yang tinggi pula. Rekomendasi RAM DDR4 cocok disandingkan dengan prosesor i5 dengan motherboard H110M.

3. CPU Cooler

Komponen sebagai kipas pendukung ini sangat mendukung performa CPU dan motherboard, karena dua performa tersebut bekerja sangat keras sehingga menimbulkan panas.

Dengan pendingin, komputer itu akan lebih kuat. Itulah kenapa produk laptop seperti ASUS ROG menyertakankipas yang berukuran besar untuk menjaga performa komputer. Sebagai referensi, Cooler Master Hyper 212 Evo merupakan salah satu CPU Cooler yang cukupterkenal.

4. Kartu Grafis (VGA Card)

Perangkat ini sangat penting untuk gaming, video editing dan desain grafis. Kartu grafis berfungsi mengiplementasikan script grafis kedalam monitor komputer.

Sebuah kartu grafis berkualtas tinggi dapat memainkan grafis beresolusi tinggi, contoh 1080p dan dapat digunakan sampai beberapa tahun kedepan.

Rekomendasi merek kartu grafis yang bagus adalah Nvidia, dengan tipe GTX1070 atau GTCX 1080.

5. Operasi Sistem (OS)

Merangkai perangkat komputer gaming, butuh sistem operasi agar program game bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu, sebaiknya kita gunakan Windows 8 keatas, Windows 10 sangat rekomended.

6. Koneksi Internet

Koneksi internet sangat dibutuhkan untuk memainkan game online, kita dapat menggunakan jaringan Wifi dari modem atau sistem LAN serat optic.

7. Peralatan Gaming

Peralatan gaming tentu dibutuhkan saat memainkan game di omputer. Produk gaming Rexus pas sekali disandingkan dengan komputer gaming kita yang keren.

Komputer Gaming Rakitan, Kelebihan dan Kekurangannya

Kehidupan yang serba modern dengan teknologi canggihnya, komputer adalah kebutuhan penting untuk mendukung pekerjaan atau yang lain.

PC gaming, akan bisa membantu pekerjaan Anda, namun pada setiap komputer, tentunya akan ada kekurangan dan kelebihan, begitu juga dengan komputer jenis ini.

Adapun jenis komputer yang digunakan, baik itu PC Gaming atau lainnya, pasti punya kelebihan dan kekurangan. Pada sub sekarang ini, akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan tersebut.

Dalam menggunakan PC gaming rakitan, kita menemukan beberapa kelebihannya, yaitu:

  1. Bisa upgrade hardware dengan mudah jika hardware yang lama sudah ketinggalan jaman.
  2. Lebih tahan lama, bisa digunakan lebih dari 10 tahun jika sering di-upgrade software dan hardware-nya.
  3. Bisa mengatur budget alias bisa membeli hardware yang murah terlebih dahulu.
  4. Lebih leluasa mengganti semua komponen yang ada

Kelebihan PC gaming dengan cara rakitan, akan lebih memudahkan upgrade hardware, awet, dan gampang lah kalau mengatur budgetnya.

Sedangkan kekurangan dari PC gaming rakitan, yaitu:

  1. Tidak bisa dibawa kemana-mana
  2. Memakan daya listrik yang lebih besar
  3. Tidak ada garansi, garansi yang diberikan biasanya per komponen (VGA dan monitornya saja)
  4. Kalau tidak benar-benar mengerti semua komponen PC yang akan kamu rakit, kemungkinan bisa dibohongi masalah harga dan kualitas barang oleh penjualnya.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan PC Gaming, di atas sudah cukup tergambarkan bukan? Anda jangan khawatir, gambaran di atas, tujuannya untuk mempermudah Anda dalam merangkai PC Gaming yang Anda inginkan.

Setelah Anda mendapatkan Komputer Gaming rakitan yang Anda suka, jika dirasa terlalu ribet, pakai smartphone aja. Ini ada info Smartphone Gaming Black Shark yang bagus.

Penutup

Bagaimana sobat? Sudah jelaskan, apa perbedaan antara komputer biasa dan komputer gaming? Komputer gaming, yang memiliki power lebih, baik dari kapasitas RAM dan kecepatan akses. Sangat berpotensi bagi yang suka ngegame, apalagi untuk nugas.

Jika ingin merangkai sendiri, Anda bisa menambahkan apa saja, dengan deskripsi atau bisa mencari informasi lain tentang rangkaian yang bisa menguatkan komputer.

Semoga artikel di atas, bisa membantu Anda dalam memaksimalkan komputer gaming atau PC Gaming ini. semoga bermanfaat juga bagi pembaca yang membutuhkan refrensi artikel.