Bupati saat melihat koleksi buku yang tersedia di Gedung Perpustakaan usai diresmikan.
Bupati saat melihat koleksi buku yang tersedia di Gedung Perpustakaan usai diresmikan. Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Kabupaten Sanggau akhirnya memiliki gedung perpustakaan terbesar yang didalamnya mengoleksi ribuan buku.

Gedung yang dibangun dengan menelan anggaran Rp11 miliar bersumber dari DAK Tahun 2019 lalu itu diresmikan Bupati Sanggau Paolus Hadi, Kamis (21/1).

“Gedung yang luar biasa, berada di tengah kota. Dan kami tadi juga sudah melihat kelengkapan perpustakaan ini. Ada sekitar 3 ribu lebih judul buku. Mulai dari ilmu pengetahuan secara umum, keagamaan, hukum, pertanian, cukup lengkap,” kata Paolus Hadi.

Menurut PH sapaan akrabnya, judul buku yang ada di Perpustakaan Daerah cukup memadai. Namun Ia mendorong agar koleksi buku bisa terus ditambah.

“Dengan semakin banyak buku yang bisa menjadi referensi, itu akan menjadi lebih baik dan membuat orang tertarik untuk berkunjung” ujarnya.

Baca Juga:

PH pun mengajak masyarakat Sanggau untuk memanfaatkan perpustakaan daerah ini dengan sebaik – baiknya.

“Masyarakat umum bisa datang untuk membaca langsung dan mendaftar menjadi anggota perpustakaan daerah. Ketika menjadi anggota, kita bisa meminjam buku. Dan kami seluruh forkopimda sudah menjadi anggota,” terang dia.

Untuk memudahkan masyarakat membaca buku secara online maupun offline, lanjut PH, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan telah mempersembahkan aplikasi perpustakaan digital yaitu iSanggau. Aplikasi ini dapat di-download melalui android di Play Store.

PH juga melaunching wifi gratis yang dapat diakses masyarakat di 10 titik yaitu di Rumah Betang Dori Mpulor, Taman Sabang Merah (Panggung), Perpustakaan Daerah, GOR Indoor, Gedung Balai Betomu, Pujasera, Wisata Waterfront Kantuk, Masjid Jami’ Sulthan Ayyub, Keraton Surya Negara dan Mess Pemda.

Wifi gratis dapat digunakan dari pukul 07.00 Wib hingga pukul 21.00 Wib dengan radius sekitar 100 meter. (pek)