Pelaksanaan Pilkades di Sanggau yang dihelat waktu lalu telah menghasilkan pemimpin desa baru
Pelaksanaan Pilkades di Sanggau yang dihelat waktu lalu telah menghasilkan pemimpin desa baru. Foto: dok berkatnewsTV

Sanggau, BerkatnewsTV. Pilkades serentak gelombang III yang dihelat 19 Desember 2019 lalu di 72 desa telah menghasilkan pemimpin baru. Pelantikannya direncanakan bulan Februari 2021.

“Hari ini (kemarin, red), saya sudah mendapat laporan dari DPM-Pemdes, tidak ada sengketa yang sampai ke kabupaten. Artinya sudah clear, tinggal pelantikan,” kata Bupati Sanggau Paolus Hadi, Selasa (19/1).

Saat ini, kata PH sapaan akrabnya, proses persiapan pelantikan sedang dilakukan.

“Saya bayak ditanya juga, kapan (pelantikan). Yang sudah disiapkan oleh panitia di bulan Februari. Tanggal sudah ada diusulkan, tapi kita belum menyetujui untuk tanggal. Saya minta persiapan dululah, ” ujar PH.

Kondisi Pandemi Covid-19, dikatakan Bupati, menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan pelantikan Kades. Pemkab Sanggau harus memastikan pelantikan berjalan aman sesuai protokol kesehatan.

Baca Juga:

“Boleh bupati melantik 72 kepala desa, tapi kan ada pendampingnya, ada undangan lainnya. Dalam aturan diperbolehkan dilakukan di satu tempat, tapi dengan perhitungan minimal setengah dari kapasitas tempat. Kalau kapasitasnya 500, kalau untuk 200, ndak apa-apa. Cuma ini kan harus ada pemahaman masyarakat juga. Kami minta ini yang dipahami masyarakat nantinya,” harap PH.

Sebagai Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau, ia juga mempertimbangan respon masyarakat terkait potensi pengumpulan massa yang tejadi di acara pelantikan nanti.

“Sementara ini saya minta untuk dilakukan secara virtual. Artinya tetap pelantikan oleh bupati, tapi di tiga tempat berbeda dan melalui virtual. Tapi finalnya belum,” ungkap PH. (pek)