Cover buku Manggala Bhayangkara dari Khatulistiwa
Cover buku Manggala Bhayangkara dari Khatulistiwa

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana telah meluncurkan sebuah buku berjudul Manggala Bhayangkara dari Khatulistiwa.

Buku yang ditulis pada 5 November 2018 itu menceritakan kiprah abdi bhayangkara dalam menjalankan tugas sebagai pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat serta mengawal kebijakan pemerintah daerah dan nasional di provinsi seribu sungai Kalimantan Barat.

Lebih khusus buku Manggala Bhayangkara dari Khatulistiwa ini juga mengisahkan unit reserse Direktorat Reskrimum Polda Kalbar dalam menangani dan menumpas berbagai kejahatan yang marak terjadi di Kalbar.

Kondisi itu pertama tama terlihat dari ilustrasi cover buku berwarna hitam bergambarkan seorang Yani tersenyum dan prajurit Bhayangkara saat bertugas membasmi kejahatan di tengah kehidupan metropolis.

Buku ini setebal 174 halaman yang dibagi menjadi 22 bagian cerita seorang prajurit bhayangkara menjalankan tugas pelayanan kamtibmas.

Baca Juga:

“Kejahatan konvensional hingga kejahatan cyber yang marak ditemukan di perkembangan jaman seperti saat ini juga menjadi uraian dalam buku ini,” tulis Yani.

Begitu pun juga dengan pengamanan pemilukada dan pilpres 2019 menjadi topik hangat yang ditulis. pembahasan mengenai democracy policing juga disuguhkan sebagai upaya mengamankan dan menyukseskan pembangunan nasional yang tak bisa dipungkiri pondasi utamanya ada pada kamtibmas yang dinamis dan kondusif wilayah.

Menurut Yani, para manggala seperti benteng yang menjaga bangsa. Mereka adalah manggala bhayangkara yang bertugas menjaga negeri dari hal hal yang dapat mengganggu terciptanya keamanan dan ketertiban.

“Mereka adalah pasukan elit yang diciptakan Patih Gajah Mada dan kini bermetamoefosis menjadi Polri,” tambah Yani.(rob)