Andi Ridwan (tengah) yang berhasil memimpin IPSI Kalbar foto bersama Panitia Musprov.
Andi Ridwan (tengah) yang berhasil memimpin IPSI Kalbar foto bersama Panitia Musprov. Foto: ist Andi Ridwan (tengah) yang berhasil memimpin IPSI Kalbar foto bersama Panitia Musprov. Foto: ist

Pontianak, BerkatnewsTV. Andi Ridwan akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalbar periode 2020 – 2024.

Ia terpilih lewat mekanisme voting di ajang Musprov IPSI Kalbar yang dihelat Sabtu (21/11) dengan mengalahkan Adriansyah.

Dari 15 pemilik hak suara, Andi Ridwan berhasil meraih 11 suara dan Ardiansyah 4 suara. Pemilik hak suara yakni 12 pengcab IPSI kabupatan/ kota, 2 Perguruan Silat dan Pengprov IPSI Kalbar.

Dihadapan peserta Musprov, Andi menyampaikan visinya yakni mengembangkan pencak silat tradisi sebagai identitas budaya bangsa dan prestasi untuk kebanggaan Kalbar.

Baca Juga:

Kemudian Misinya asas kekeluargaan dan netralitas, disiplin dalam tat kelola organisasi dan menjunjung nilai-nilai ketermajuan IPSI Kalbar hingga berkiprah di prestasi nasional dengan menjunjung keterbukaan.

Untuk mendukung visi misinya tersebut, Andi mengutamakan empat apsek yang akan diterapkan yakni antusiasme, netralitas, integritas dan disiplin.

“Antusiasme, dengan tujuan menggairahkan kembali semangat berprestasi atlet-atlet IPSI Kalbar, sehingga dapat mengharumkan kembali nama IPSI Kalbar,” jelasnya.

Netralitas menurutnya yaitu dalam memimpin IPSI Kalbar, tetap berada di semua kelompok SARA, semua Perguruan Pencak Silat dan Pengurus IPSI yang ada di Kalbar.

Disiplin ia jelaskan, di mana untuk meningkatkan prestasi para atlet, ia akan menjadikan IPSI Kalbar sebagai wadah penataan organisasi secara serius, sesuai dengan program yang telah dicanangkan serta serius dalam mengejar prestasi.

“Kemudian integritas, faktor penting untuk melengkapi nilai serta semangat yang telah dipaparkan sebelumnya. Sebab untuk memimpin IPSI harus mengedepankan keterbukaan serta kejujuran. Dengan itu dapat mengayomi seluruh pengcab, Pengurus Ranting dan Perguruan Silat,” terangnya.

Sementara untuk program kerja pendek, Andi memastikan akan melakukan pembenahan internal IPSI Kalbar dan menyusun kepengurusan baru.

Sementara itu Bidang Organisasi dan Hubungan Luar Negeri PB IPSI Bayu Syahjohan berharap ketua umum terpilih dapat menyusun kepengurusan secara objektif, proposional dan profesional dengan melibatkan seluruh perguruan silat.

“PB IPSI memiliki kepentingan terhadap IPSI Kalbar yakni mendorong silat kalbar dapat berprestasi di tingkat nasional bahkan dunia,” harapnya.

Ia juga berharap pemerintah daerah ikut membantu pencak silat agar lebih berkembang dan maju.(tmB)