Lahan pekarangan yang digunakan warga Ensalang untuk lahan pertanian modern.
Lahan pekarangan yang digunakan warga Ensalang untuk lahan pertanian modern. Foto: ist

Sekadau, BerkatnewsTV. Ketua Kelompok Tani (Poktan) Sengkubung, Desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir Gabriel Suwarso membuat pekarangan rumahnya menjadi lahan pertanian padi modern. Alhasil, padi yang ditanam tumbuh subur.

Sebelum ditanami padi, lahan pekarangan yang digunakan Suwarso bekas ditanami sayur. Cara pengolahan yang ia gunakan pun sama dengan pengolahan lahan pertanian padi modern di samping Kantor Desa Ensalang.

Baca Juga:

“Kami baru mencoba bersama PPL, kepolisian serta Pemdes Ensalang. Kesulitan (pertanian padi modern) memang banyak dalam arti karena kami kan petani biasa. Sedangkan, ini baru bagi kami,” ucap Suwarso, Rabu (23/9).

Meskipun tergolong baru, pihaknya tidak menyerah dan terus berkoordinasi dengan PPL. Ternyata dengan pendampingan tersebut, pihaknya bisa bekerja mengolah lahan tersebut.

“Saya pernah mencoba di samping rumah dan kesulitannya itu pupuk. Kemudian pengolahan tanahnya,” jelasnya.

Sedangkan untuk jenis padi yang ditanam, ia menggunakan situ bagendit. Pekerjaan Suwarso pun menjadi ringan karena pemerintah daerah memberikan bantuan hand tractor. Sehingga, padi-padi itu pun tumbuh subur di pekarangannya.

“Saya sudah coba tanam di rumah, sama dengan ini (lahan pertanian padi modern di samping Kantor Desa Ensalang). Dari 15 anggota poktan, baru saya sendiri yang mencoba,” pungkas Suwarso.(gun)