Kepala Dinas Kalbar, Harrison
Kepala Dinas Kalbar, Harrison

Pontianak, BerkatnewsTV. Dinas Kesehatan Kalbar mengumumkan penambahan 26 kasus positif covid-19 pada Senin (14/9) hari ini.

Dari jumlah itu terbanyak berada di Sintang yakni berjumlah 25 orang dan 1 orang sedang dirawat di RSUD Soedarso.

25 orang tersebut adalah siswa seminari di Sintang yang tertular dari 5 orang sebelumnya yang telah dinyatakan positif.

“Sehingga total siswa seminari Sintang yang terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 30 orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harrsion lewat voice confrence, Senin (14/9).

Dijelaskan Harrison, ke-25 siswa tersebut hasil dari tracing 5 kasus sebelumnya yang dinyatakan positif.

“Mereka mengalami gejala demam, pilek, batuk dan kehilangan penciuman. Setelah dilakukan tes PCR mobile yang ada di Sintang ternyata konfirmasi positif covid-19,” jelasnya.

Baca Juga:

Sebelumnya disebutkan Harrison di sekolah tersebut telah dilakukan tes swab terhadap 98 orang pada 13 September. Mulai dari siswa, dosen, karyawan hingga tukang masak.

“Ternyata ada tambahan 25 mahasiswa tersebut,” ucapnya.

Saat ini sambung Harrison, ke-30 mahasiswa tersebut telah menjalani isolasi di RSUD Ade M Djoen Sintang. Sedangkan sekolahnya dilock down. Tidak boleh ada aktifitas belajar mengajar atau kegiatan lain. Jadi untuk sementara ini ditutup total.

Dijelaskan Harrison, sebenarnya pada bulan Agustus lalu seluruh siswa telah dilakukan tes swabdan hasilnya negatif.

“Namun dalam perjalanannya mungkin ada tamu dari luar yang datang yang kemungkinan besar membawa virus covid-19 sehingga tertular ke- 5 orang mahasiswa yang kemudian tertular lagi ke 25 orang lainnya,” terangnya.(rob)