Anggota DPRD Sanggau Leonardo Agustono H Silalahi

Sanggau, BerkatnewsTV. Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Leonardo Agustono H Silalahi mendesak Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten sesegera mungkin menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 bagi para medis khususnya di Kecamatan Entikong dan Kecamatan Sekayam.

Mengingat dua kecamatan yang terletak di berbatasan langsung dengan Malaysia ini mobilitas masyarakatnya ke luar negeri cukup tinggi.

“Jangan sampai kita berperang melawan virus covid-19 tetapi kita tidak siap pelindung diri, ya kalah lah kita. Mesti siapkan APD dulu baru lah kita bisa berperang, apalagi Kecamatan Entikong dan Sekayam garda terdepan masuknya warga yang keluar dari Malaysia baik secara resmi sebelum nya dan yang banyak keluar melalui jalur tikus,” ujar Leo, Selasa (24/3).

Dikatakan politisi Demokrat Sanggau itu, sebelum ditugaskan, sebaiknya paramedis harus meyiapkan diri secara lengkap. Pemerintah wajib menyiapkan APD bagi mereka karena merekalah ujung tombak negara sekaligus pejuang kemanusiaan yang berperang melawan Covid-19 di lapangan.

Agar mata rantai Covid-19 bisa diputus, Leo mengimbau kepada warga perbatasan khususnya yang baru datang dari luar negeri dan luar Kota melaporkan diri ke Puskesmas terdekat agar di data sebagai ODP.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka menyampaikan sampai hari ini APD yang dipesan Pemkab Sanggau belum datang.

“Belum, nanti kita cek lagi. Yang jelas sudah kita pesan,” jawab Kukuh singkat.(pek)