Kadis BM dan SDA Sanggau didampingi PPK Ruas Jalan Sanggau neninjau drainase di Jalan Jendral Sudirman tanjakan Semboja Kelurahan Bunut. Foto: Pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Curah hujan yang cukup tinggi melanda kota Sanggau tiga hari terakhir memicu banjir di sejumlah lokasi.

Yang paling parah terlihat di jalan Jendral Sudirman tanjakan Semboja. Tumpahan air yang tidak tertampung di dranise tumpah ke jalan raya sehingga jalanan dipenuhi air bak banjir bandang. Tidak hanya membuat jalan rawan kecelakaan, rumah warga disekitarpun kena dampaknya hingga kebanjiran.

Diduga, air yang turun dari atas tidak tertampung di dalam dranise sehingga tumpah ke jalan raya.

“Kami sudah laporkannya ke pak Bupati, termasuk juga kejadian jam 5 sore kemarin kami langsung menyaksikannya. Pak Bupati minta agar segera berkoordinasi dengan Balai Besar,” ungkap Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Kadis BM dan SDA) Sanggau John Hendri didampingi Paret, PPK Ruas Jalan Sanggau, Sekadau, Tebelian saat meninjau langsung, Sabtu (21/3).

Ia memastikan penanganan tahap awal sedang berjalan dengan melakukan pembersihan – pembersihan drainase yang tersumbat.

“Nanti kita lihat kalau masih juga banjir maka gorong – gorong yang ada ini akan kita bongkar dan sudah kita komunikasikan juga dengan yang punya ruko yang didepannya ada sumbatan itu untuk dibongkar dan dia setuju. Termasuk juga ada beberapa drainase yang akan kita lebarkan,” jelasnya.

Sementara itu, PPK ruas jalan Sanggau, Sekadau dan Tebelian, Paret menyampaikan untuk sementara, penanganan yang akan dilakukan pihaknya adalah dengan melakukan pembersihan gorong – gorong yang diduga tersumbat.

“Tadi waktu kami bersihkan ada penumpukan sedimen berupa drum dan sampah. Kalau saya lihat dari ujung di atas itu sampai ke bawah air masih ngalir, cuma setelah kita lihat ternyata sumbat di depan Ruko ini,” bebernya.(pek)