Sebanyak 75 tim mengikuti lomba sampan bidar. Peserta berasal dari Sanggau, Sintang serta desa pinggiran sungai di Kabupaten Sekadau. Foto: Gun

Sekadau, BerkatnewsTV. Sebanyak 75 tim mengikuti lomba sampan bidar. Peserta berasal dari Sanggau, Sintang serta desa pinggiran sungai di Kabupaten Sekadau.

“Acara ini termasuk bagian bagaimana untuk mengupayakan dan mempromosikan wisata serta mencari bibit Atlet dayung sampan bidar serta untuk memasyarakatkan olahraga dan mewariskan tradisi nenek moyang,” kata Bupati Sekadau Rupinus, Sabtu (14/3).

Menurut dia, atlet dayung sampan bidar ini telah ada yang berprestasi serta juga telah diperhitungkan prestasinya secara nasional.

“Semoga kedepan dengan adanya team sampan bidar dari Kabupaten Sekadau yang bisa berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung, Syamsudin menuturkan untuk hadiah ini pada lomba sampan bidar para peserta lomba akan memperebutkan piala Dusun Teluk Pasir dan juga akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan masing-masing juara.

“Kegiatan ini sebelumnya memang sudah beberapa kali dilaksanakan bahkan dari tahun ketahun, serta tentunya bertujuan untuk melestarikan olahraga sampan bidar tradisional yang ada di Desa Tanjung,” jelasnya.(gun)