Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup saat mengangkut sampah di Pasar Sayur. Foto: Ist

Sanggau, BerkatnewsTV. Tumpukan sampah di Pasar Sayur Sosok, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau mulai dikeluhkan warga khususnya konsumen yang terbiasa berbelanja diarea tersebut. Bahkan, tumpukan sampah itu sampai ke badan jalan utama di pasar tersebut.

“Dari sejak Natal kemarin, sampah di sini sudah menumpuk. Kita sebagai pembeli tentu merasa tidak nyaman. Karena selain menimbulkan bau tak sedap, tumpukan sampah itu membuat pasar terlihat kumuh,” kata Neli, salah seorang pembeli ditemui awak koran ini, Minggu (5/1).

Dia menyebut, seharusnya pasar sayur yang menyediakan makanan untuk masyarakat bersih dari tumpukan sampah seperti sekarang ini.

“Pasar harusnya nyaman untuk dikunjungi masyarakat dan bebas dari sampah yang menggangu kenyamana dan kesehatan masyarakat,” ujar Neli.

Untuk itu, ia berharap agar petugas terkait segera mengangkut tumpukan sampah tersebut dan jangan dibiarkan berserakan.

“Sampahnya sudah banyak sekali, lihat jak itu, sudah ke jalan sampahnya. Mau sampai kapan sampah ini dibiarkan jak,” tutur Neli sambil menujukan ke arah tumpukan sampah.

Keluhan yang sama datang dari Hasnah, warga Sosok lainnya. Ia berharap, Dinas terkait tidak membiarkan tumpukan sampah tersebut menumpuk terlalu lama. Ia khawatir akan menimbulkan penyakit.

“Sampah – sampah seperti inikan sangat tidak nyaman kalau dilihat, belum baunya cukup menyengat, dan ini berbahaya bagi kesehatan karena bisa menimbulkan penyakit,” terangnya. (dra)