Sinergitas Tiga Pilar Wujudkan Desa Mandiri

Apel tiga pilar di Wisata Nusantara Mempawah. Foto: Fisa

Mempawah, BerkatnewsTV. Mempercepat terwujudnya Desa Mandiri di Provinsi Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Mempawah, diperlukan sinergitas 3 pilar, yaitu antara Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa.

Dengan sinergitas itu, diharapkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sebagai penopang utama Desa Mandiri dapat terwujud.

“Melalui apel 3 pilar yang kami laksanakan hari ini, diharapkan dapat menyamakan persepsi sekaligus menjalin sinergitas terutama dalam konteks pemeliharaan kamtibmas demi terwujudnya Desa Mandiri. Karena pemeliharaan kamtimbmas merupakan tugas kita bersama,” ungkap Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga usai apel tiga pilar di Wisata Nusantara Mempawah, Selasa (26/11).

Kapolres berharap dengan adanya sinergitas 3 pilar, pemantapan Desa Mandiri di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Mempawah dapat diwujudkan.

Artinya, sudah saatnya desa diberikan ruang dan kesempatan untuk mandiri, memajukan dirinya, memantapkan programnya, membenahi kebutuhan, termasuk konteks pemeliharaan keamanan.

“Khusus pemeliharaan keamanan, kami bertindak sebagai motivator untuk menggugah kepada desa dan masyarakatnya supaya membentuk poskamling. Kami juga memberdayakan masyarakat desa dan adat didalam penyelesaian masalah yang bersifat ringan, serta membantu penyediaan sarana dan prasarana pemeliharaan keamanan melalui siskaling,” ujarnya.

Sementara itu, Kasdim 1201/Mempawah, Mayor Inf Andreas, menegaskan pihak TNI mendukung penuh terwujudnya Desa Mandiri di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Mempawah.

Ia juga menilai sinergitas antar 3 pilar merupakan sesuatu komitmen yang harus dilaksanakan dalam mendukung proses pembangunan suatu daerah.

“Kami melalui Babinsa siap mendukung rekan-rekan Bhabinkamtibmas mewujudkan kamtibmas di wilayah kerja masing-masing. Begitu juga dengan tugas kami di bidang pertahanan, tentu akan mendapatkan dukungan dari rekan-rekan polri dan kepala desa. Kami berharap keberadaan tiga pilar ini mendapatkan dukungan dari masyarakat, yang muaranya terwujunya Desa Mandiri,” ucapnya.

Mendukung keberadaan Desa Mandiri, Andreas mengungkapkan jajaran Kodim 1201/Mph memiliki tugas yang diberikan Pemerintah Provinsi Kalbar untuk membangun sarana fisik dalam bentuk karya bakti, yaitu pembangunan jalan rabat beton dan sarana air bersih.

“Khusus sarana air bersih di Mempawah, kita laksanakan pembangunannya di Desa Kuala Secapah,” ungkap dia.

Sekda Mempawah H Ismail, menyambut baik dukungan yang diberikan 3 pilar terhadap terwujudnya Desa Mandiri di Kabupaten Mempawah.

Ia juga berpesan kepada para kepala desa untuk menindaklanjuti apa yang menjadi keinginan Kapolres, yaitu menggalakan kembali keberadaan Poskamling di desa-desa.

Apel 3 pilar di Wisata Nusantara diikuti seratusan peserta yang terdiri dari Bhabinkamtimbas, Babinsa dan Kepala Desa se Kabupaten Mempawah. Kegiatan yang berlangsugn selama sehari tersebut turut dihadiri Dirlantas Polda Kalbar Kombes Pol Asep Akbar Hikmana selaku pemimpin apel 3 pilar. (fsa)

Tulis Komentar