KPU Sebut Keberhasilan Pemilu di Sanggau Berkat Peran Media Massa

media gathering KPU Sanggau bersama sejumlah media massa. Foto: Abang Indra

Sanggau, BerkatnewsTV. Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Martinus Sumarto memberikan apresiasi kepada media massa yang telah bersinergi mewujudkan Pemilu yang sejuk, damai dan aman melalui pemberitaan.

“Terimakasih media yang telah membantu KPU menyebarluaskan informasi mulai dari tahapan hingga penetapan hasil,” kata Sumarto disela – sela menggelar media gathering bersama sejumlah media massa di Kabupaten Sanggau, Rabu (27/11).

Keberhasilan Pemilu, diakui Sumarto tidak terlepas dari pemberitaan yang menyejukkan yang disajikan para jurnalis.

Media juga telah membantu KPU dalam menangkal berita – berita hoaks yang berpotensi mengganggu jalannya proses pemilu yang sedang berlangsung.

“Saya sangat bersyukur Pemilu di Kabupaten Sanggau berlangsung aman dan kondusif hingga pasca pelantikan,” ujarnya.

Media gathering kali ini, lanjut dia, bertujuan untuk lebih mendekatkan dan menjalin silaturahmi antara KPU dengan awak media yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Ke depannya kami berharap, apa yang sudah terjalin selama ini antara KPU dengan media massa bisa lebih kita tingkatkan lagi. Tujuannya satu, yakni bagaimana pelaksanaan Pemilu bisa lebih baik dan berkualitas ke depannya,” harap Sumarto.

Disinggung beberapa catatan penting hasil evaluasi dalam proses pelaksaan Pemilu di Kabupaten Sanggau, baik Pilkada, Pilpres maupun Pileg, Sumarto membeberkan beberapa hal. Pertama terkait tahapan pemilu diantaranya terkait pencalonan dan data pemilih.

“Terakhir kita akan lakukan evaluasi dokumentasi. Nanti akan kita sampaikan rekomendasi tersebut kepada KPU RI untuk perbaikan ke depan. Jadi, masukan yang kita terima dari stakeholder terkait secara berjenjang akan kita sampaikan ke KPU RI dengan harapan bisa menjadi inventarisasi masalah yang endingnya untuk perbaikan,” pungkasnya.

Ketua Persatuan Wartawan Sanggau (Pewarsa) Abang Indra menyambut baik acara media gathering yang digagas KPU Sanggau.

Menurutnya, acara seperti ini diharapkan bisa menjadi perekat antara KPU dengan media massa sehingga informasi – informasi yang dibutuhkan publik bisa tersampaikan dengan baik.

“Kalau bisa pertemuan seperti ini diagendakan rutin, entah itu triwulan ataupun persemester,” kata Indra sapaan akrabnya. (dra)

Tulis Komentar