Bola Panas Jabatan Sekda Ditangan Bupati Sanggau

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau, Herkulanus HP

Sanggau, BerkatnewsTV. Proses seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sanggau telah usai.

Kini, bola panas siapa yang akan ditetapkan sebagai Sekda definitif berada di tangan Bupati. Namun, hingga beberapa minggu berlalu usai penetapan tiga nama, Bupati belum juga mengumunkan siapa orang yang cocok menduduki jabatan tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau, Herkulanus HP menyampaikan, pihaknya telah menyelenggarakan proses seleksi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Hasil seleksi tersebut disampaikan Pemerintah Daerah melalui Bupati kepada Gubernur sebagai perwakilan Pemerintah Pusat. Gubernur melihat apakah semua tahapan seleksi ini sudah sesuai aturan atau tidak. Gubernur membalas surat Bupati bahwa prosesnya sudah sesuai aturan. Silakan untuk disanpaikan ke KASN,” kata Herkulanus, Selasa (19/11).

Setelah disampaikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), lanjutnya, akan dilihat apakah semua tahapan sudah dilakukan dengan benar dan apakah Bupati sudah melapor kepada Gubernur atau belum.

“Nah, kalau mereka (KASN) sudah melihat itu sudah berjalan sesuai ketentuan, mereka merekomendasikan kepada Bupati proses seleksi sudah dilakukan dengan benar tinggal sekarang Bupati memilih satu diantara tiga nama itu,” ujar Herkulanus.

Herkulanus menegaskan, soal siapa yang akan ditetapkan sebagai Sekda definitif, tergantung keputusan Bupati.

“Proses seleksi telah selesai. Sekarang keputusannya ada di Bupati sebagai user. Bupati diberikan kewenangan untuk memilih satu dari tiga nama itu untuk ditetapkan dan dilantik sebagai Sekda. Artinya, Bupati yang memilih, dan itu berdasarkan aturan tidak menyalahi aturan, mau pilih nomor satu, nomor dua atau nomor tiga bebas karena tiga nama itu orang – orang terbaik yang memenuhi syarat,” terangnya. (dra)

Tulis Komentar