Jaga Keutuhan NKRI, Pahlawan Masa Kini Torehkan Prestasi

Wakil Bupati Mempawah ziarah ke Taman Makam Pahlawan usai upacara memperingati Hari Pahlawan. Foto: Fisa

Mempawah, BerkatnewsTV. Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November, dinilai Wakil Bupati Mempawah H Muhammad Pagi, memiliki arti yang penting bagi seluruh komponen bangsa Indonesia.

Hari Pahlawan, diharapkan wabup, dapat menanamkan rasa nasionalisme setiap anak bangsa supaya menghargai jasa dan pengorbanan pahlawan.

“Saya berharap perjuangan para pahlawan dapat diteruskan generasi muda saat ini dengan cara menjaga keutuhan NKRI, serta persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkap Wakil Bupati Mempawah H Muhammad Pagi, usai upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Mempawah yang dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Putra Bangsa, Minggu (10/11).

Muhammad Pagi mengungkapkan, sebagaimana yang disampaikan Menteri Sosial RI Juliari P Batubara melalui sambutan tertulisnya, momentum Hari Pahlawan harus dimanfaatkan seluruh elemen bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Yaitu pahlawan yang melakukan aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI.

“Pahlawan masa kini harus menjadi sosok penolong sesama yang terkena musibah. Kemudian tidak melakukan tindakan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, serta tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya,” tegasnya.

Menteri, lanjut wabup, juga mengungkapkan bahwa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 yaitu Aku Pahlawan Masa Kini.

Perjuangan anak bangsa tidak lagi dalam bentuk mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, serta membawa harum nama bangsa di mata internasional.(fsa)

Tulis Komentar