Forum Budaya Merah Putih Kubu Raya menampilkan berbagai adat budaya yang ada di Kabupaten Kubu Raya dari mulai baju adat hingga pernak pernik yang biasa gunakan masyarakat dalam acara adat. Foto: Ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Forum Budaya Merah Putih Kubu Raya menampilkan berbagai adat budaya yang ada di Kabupaten Kubu Raya dari mulai baju adat hingga pernak pernik yang biasa gunakan masyarakat dalam acara adat.

Koordinator Forum Budaya Merah Putih Kubu Raya, Edi Suhairul mengatakan Forum Budaya ini adalah wadah berkumpulnya organisasi dan penggiat Budaya.

“Kabupaten Kubu Raya ini sangat kaya dengan budaya, banyak adat istiadat yang tetap terjaga dan dilestarikan sebagai kekayaan leluhur dan kita semua harus tahu akan hal itu,” ujar Edi.

Edi mengatakan untuk mengetahui adat budaya itu harus ada wadah yang bisa menghimpun dan melestarikanya sebagai suatu kekayaan leluhur.

Sementara itu Syafarudin Ketua Persatuan Orang Melayu (POM) Kubu Raya mengapresiasi Pemda yang memberikan ruang untuk Forum Budaya mengekspresikan kekayaan adat budaya yang ada di Kubu Raya ini.

“Ini adalah wujud Pluralisme Budaya yang ada di Kubu Raya dan kita harus tetap menjaga dan merawat ini. Kita berharap ini dapat membangun karakter daerah yang tetap menjaga kelestarian adat budaya leluhur,” ucapnya.

Dalam memeriahkan HUT Kabupaten Kubu Raya ke-12 ini Forum Budaya Merah Putih Kubu Raya juga ikut menampilkan beberapa Kesenian Daerah dari masing-masing Etnis antara lain Tari Adat Bugis, Seni Tondang Melayu, Tari Lanceng Praben Madura, Barongsai, Tari Multi etnis, Campur Sari, Barongan dan Seni Kuda Lumping.(rob)